#Dorama1 : Dorama Jepang Pendidikan Bertema "Berantem" yang Seru Ditonton - Reezumiku

Monday, January 30, 2017

#Dorama1 : Dorama Jepang Pendidikan Bertema "Berantem" yang Seru Ditonton

Dorama adalah sebutan untuk serial drama di Jepang. Dorama biasanya memiliki panjang episode antara 9 hingga 12. Tidak terlalu panjang layaknya K-Drama memang, tapi menurut saya justru inilah jumlah episode ideal. Dorama Jepang juga tidak sepopuler K-Drama dari Korea, namun Dorama sudah ada penggemarnya sendiri. 

Kebanyakan dorama diangkat dari komik/manga sehingga memiliki cerita yang lebih terstruktur. Ciri khas komik juga dapat kita temui dalam bentuk audio visual tersebut. Para pembaca komik sering sekali membanding-bandingkan kedua versi ini.

Beberapa tema yang populer yaitu menampilkan kekerasan dan perkelahian. Seperti Naruto, Inuyasha dan anime lainnya penuh dengan perkelahian. Namun, para penggemar komik/anime/dorama Jepang pasti sudah paham kalau kekerasan dalam cerita fiksi tersebut bukanlah panutan negatif. Bila dihayati dengan sangat teliti, kekerasan yang dimasukkan dalam cerita adalah bentuk sebab-akibat yang saling menguatkan demi mengirim pesan moral pada penontonnya.

So far, beberapa dorama pendidikan ala yankee yang kebanyakan berantem-berantem gitu adalah:

Yankee-kun to Megane-chan
Shinagawa Daichi adalah seorang cowok dengan kepribadian kasar. Dirinya tidak punya ambisi apapun dalam hidup sehingga menjalani hari-hari secara sembarangan. Ia sangat suka berkelahi dengan anggota geng di sekolah. Namun, suatu hari ia ingin berhenti berkelahi karena harus meneruskan klinik ayahnya. Daichi akhirnya memutuskan berpisah dengan Nerima-sahabatnya, agar tidak terlibat perkelahian lagi. Meskipun sudah mulai rajin masuk sekolah, Daichi tetap tidak bisa berhenti bertingkah ala berandal hingga teman-teman sekelasnya menjuluki dia sebagai yankee.

Munculah Adachi Hana dengan ciri khas rambut berkelabang dua dan selalu memakai kacamata. Hana adalah yankee yang sedang berusaha berubah menjadi orang normal. Dia berusa bertingkah selayaknya gadis SMA. Namun sikapnya yang berlebihan kadang malah terlihat aneh.

Setelah itu, datang yankee lain ke dalam kelas mereka yaitu Himeji Rinka. Rinka dulunya pernah diselamatkan Hana sehingga dia terus mengikuti Hana kemanapun ia pergi.  Hana memang sempat menghilang saat ingin berubah jadi orang normal. Rinka telah mencari Hana kemana-mana. Saat bertemu di sekolah, Rinka merasa kalau Hana bukan lagi teman yang ia kenal. Hana-pun merasa tidak punya urusan lagi dengan Rinka yang masih berperilaku seperti yankee.

Pada saat pemilihan ketua OSIS, Adachi Hana bersaing dengan teman sekelasnya sendiri yaitu Izumi Gaku. Izumi adalah cowok cool, pintar, cerdas, dan sangat arogan. Ternyata dulunya Izumi juga yankee. Ia pernah menjadi yankee yang kuat, lalu merasa bahwa ia ingin menguasai hal lain selain kekuatan fisik. Izumi pun mulai berambisi untuk menjadi yang pertama di bidang intelektual. Akhirnya ia menjadi siswa terpintar di sekolah. Namun akhir-akhir ini Izumi kembali berkelahi dengan alasan mulai bosan.

Keseruan terjadi pada setiap episode yang totalnya berjumlah 10. Apalagi ketika muncul rasa suka di antara mereka. Mulai dari Rinka yang menyukai Daichi, juga Daichi yang mulai nyaman dengan keberadaan Hana. Yang paling penting adalah nilai persahabatan yang ditunjukkan dari berbagai sisi.

Persahabatan Daichi dan Nerima sangat tulus. Meski memilih jalan sendiri-sendiri, mereka saling mendukung satu sama lain. Begitu pula persahabatan Adachi Hana dan Rinka yang juga saling menerima pilihan masing-masing. Lain lagi dengan Izumi, kepedulian Kagawa terhadap Izumi sangat menyentuh hati. Izumi bahkan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Kagawa.

Menjelang episode akhir, Hana semakin khawatir atas apa yang terjadi pada Daichi dan Izumi. Sekumpulan geng mencari Yankee terkuat bernama Hurricane Ada. Teman-teman sekolah mencurigai orang tersebut adalah Daichi atau Izumi. Padahal target sebenarnya adalah Hana.

Padahal Hana sudah berusaha sekuat mungkin untuk hidup dengan normal. Ia sudah lama meninggalkan identitasnya sebagai yankee terkuat. Tapi Hana juga tidak mau Daichi dan Izumi terkena masalah karena dirinya. Akhirnya Hana mengaku melalui speaker sekolah bahwa dirinya adalah yankee. Episode terakhir ini membuat saya terharu. huhuhu.


Sumpah, persahabatan itu bikin iri. Mereka memang dingin di luar, namun sebenarnya memiliki hati yang hangat dan peduli satu sama lain. Feel-nya itu tersampaikan dengan sangat dalam.

Gokusen
Gokuzen 3
Gokusen adalah dorama yang diangkat dari manga dan memiliki tiga season. Season pertama rilis di tahun 2002, season kedua di tahun 2005, dan season tiga rilis tahun 2008. Ketiganya memiliki plot cerita yang sama yaitu seorang tokoh utama bernama Yamaguchi Kumiko atau dipanggil Yankumi yang diperankan oleh Nakama Yukie. 

Yankumi adalah seorang wanita keturunan ke empat dari sebuah klan keluarga yakuza. Dia adalah wanita yang sangat pandai berkelahi. Namun Yankumi hanya ingin menjadi seorang guru. Dari dulu dia ingin mengajar di sebuah sekolah. Yankumi kemudian menyamarkan identitasnya dan menjadi guru matematika. 

Dalam ketiga season pula, Yankumi selalu menjadi wali kelas 3-D yang merupakan murid-murid paling susah diatur. Kebanyakan siswanya tidak pernah mengikuti pelajaran dan suka berkelahi. Makanya Yankumi selalu mengajar mengenakan jersey. Padahal sebenarnya Yankumi ingin memakai rok seperti guru wanita lainnya agar terlihat anggun.

Serunya, di setiap episode selalu menampilkan satu konflik sekaligus diakhiri dengan pesan moral yang mendalam. Saya sangat merekomendasikan pada guru-guru untuk belajar menghadapi siswa nakal dari dorama ini. Saya sendiri mendapat banyak pandangan yang lebih luas setelah menontonnya. Kadang berharap juga kalau semua guru se-care Yankumi, bahkan pada murid yang dianggap membangkang sekalipun. Dia bekerja sangat ekstra untuk melindungi murid-muridnya dan mengembalikan mereka ke jalur yang benar.

Great Teacher Onizuka (GTO)
Great Teacher Onizuka
Great Teacher Onizuka merupakan dorama yang diangkat dari manga. Selain itu, terdapat versi film-nya yang dirilis lebih dulu pada tahun 1999.

Bercerita tentang seorang mantan geng motor bernama Onizuka. Lelaki berpikiran terbuka ini punya impian menjadi guru. Ia akhirnya direkrut oleh sekolah Gakulin. Namun, karena merupakan mantan geng motor, Onizuka memiliki kepribadian bebas dan keras yang tidak sewajarnya dimiliki oleh seorang guru. Guru-guru lain sangat menentang cara-caranya mengajar.

Apalagi Onizuka ditempatkan pada kelas yang memiliki masalah. Muridnya tidak percaya terhadap para guru karena sebuah kejadian dari masa lalu. Onizuka sering dikerjai muridnya sendiri. Meski begitu, semua keisengan murid-murid selalu berakhir dengan keberhasilan Onizuka menyadarkan mereka tentang makna hidup sebenarnya.

Bagi saya, guru seperti Onizuka ini justru sangat dibutuhkan untuk membenahi sikap liar murid-murid yang nakal. Untuk apa fokus mengajari anak-anak yang sudah baik dan mengabaikan mereka yang justru butuh lebih banyak perhatian?! Bukankah lebih bermanfaat mengajari anak yang berkepribadian kurang benar agar dapat berubah menjadi lebih baik sehingga dapat berkontribusi untuk lingkungan. 


Dorama ini menyadarkan saya bahwa setiap kelakuan anak yang baik ataupun buruk itu dipicu akan suatu hal. Mudahnya, anak nakal pasti ada alasannya menjadi nakal. Nah, inilah PR para guru untuk mencari tahu dan menjadi perantara yang dapat mereka percaya. 

Shiritsu Bakaleya Koukou
Bakada - Cattleya
Satu lagi dorama di lingkungan pendidikan yang penuh dengan nilai persahabatan meski juga diwarnai oleh perkelahian. Shirritshu Bakaleya Koukou bercerita tentang murid dari dua sekolah berbeda yang dibintangi anggota Johnny's Jr. dan tim 4 grup idola AKB48. 

Cerita dimulai dari dua sekolah berbeda yang nantinya akan saling terkait. Pertama, Bakada adalah nama sekolah yang semua siswanya laki-laki dan suka berkelahi. Sekolah tersebut sangat ditakuti oleh sekolah lain. Cara menentukan kekuasaan yaitu dengan saling bertarung. Saat ini Bakada dipimpin oleh Tatsuya Sakuragi. 

Sementara itu, terdapat pula sekolah khusus putri bernama Cattleya. Semua siswanya berkepribadian baik dan sangat sopan serta pintar. Cattleya dipimpin oleh Fumie Shingyouji yang sangat pandai.

Suatu hari, kedua sekolah tersebut harus digabung menjadi SMA Cattleya No.2. Beberapa siswa Cattleya dipindahkan lokasinya ke Bakada. Dari sinilah konflik dimulai. Dua sekolah tersebut seperti kutup magnet yang tidak pernah bisa bersatu.  Banyak sekali perbedaan yang menjadikan mereka bertentangan.

Para Siswi Cattleya yang dipindah mulai melakukan perubahan pada Bakada. Sekolah itu sangat kotor, kumuh dan banyak hal menjijikkan. Namun, siswa Bakada juga tidak mau mengalah. Mereka tidak mau sekolahnya di otak-atik. Hingga akhirnya mereka melakukan pertandingan untuk menentukan pemimpin (ketua OSIS kalau di Indonesia).

Setiap episode menampilkan satu konflik utama seperti umumnya dorama Jepang. Setiap episode pula kita akan menemukan pesan moral yang sangat dalam mulai dari persahabatan, kebersamaan, kepedulian dan lainnya.

Shiritsu Bakaleya Koukou juga memiliki Season 2. Jika di Season 1 akan berakhir dengan saling bersatunya Bakada dan Cattleya, Season 2 masih memiliki sedikit persamaan. Beberapa murid Bakada dipindahkan ke sekolah Cattleya 1 yang memiliki gedung sangat megah, mewah, rapi dengan segala aturan dan tata tertibnya. Bakada harus menyesuaikan diri agar sekolahnya tidak dibubarkan. Belum lagi Fumie harus pergi untuk sekolah di Harvard. Ceritanya sangat seru dan kental dengan nuansa anak-anak sekolah. 

Dragon Zakura
Siswa kelas khusus
Kenji Sakuragi
Kenji Sakuragi adalah seorang pengacara yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Ia disewa untuk menutup Ryuuzan, sebuah SMA yang bermasalah karena nilai rata-rata siswanya sangat rendah. Namun ia memiliki rencana lain agar sekolah tersebut tidak ditutup yaitu dengan membuat kelas khusus demi memasukan 5 muridnya ke Universitas Tokyo – hal yang mustahil bagi semua siswa dan guru-guru.

Satu persatu masalah mulai muncul. Terdapat tujuh murid yang terpaksa masuk di kelas tersebut dengan berbagai alasan - bukan didasari karena memang ingin masuk Tokyo Univercity. Masalah juga berkembang mulai dengan mengendurnya semangat, sulitnya belajar, dan berbagai konflik lainnya.

Namun ada poin khusus yang sangat saya suka yaitu metode-metode belajar Kenji yang nyeleneh. Memang kalau dipikirkan terasa konyol, tapi ia mampu  menyesuaikan cara mengajar tersebut dengan tingkat kemampuan murinya. 

Salah satu contohnya yaitu cara belajar matematika (penambahan) dengan menggunakan kartu, cara menghafal  rumus matematika sambil berjalan, belajar dengan teknik bola pingpong dan berbagai macam olahraga ringan lainnya. Mereka juga diharuskan memakai ikat kepala bertuliskan "idiot/baka/bodoh" jika mendapat nilai terendah untuk memberi efek malu. Disiplin dan kreatif, bukan?.

Akan menjadi perubahan yang tepat  kalau cara-cara permainan dan olahraga seperti dalam dorama ini diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah Indonesia. Selain membuat siswa lebih rileks dalam belajar, pelajaran tersebut juga lebih mudah ditangkap dan dipahami. 


Saya rasa sedikit mirip dengan kurikulum 2013. Sangat sedikit sih miripnya. Karena dalam dorama ini guru benar-benar berperan penting dan selalu mendampingi siswanya. Guru harus dapat menjadi kiblat yang dapat mereka panut. 

T

Ini dulu untuk dorama-dorama keren yang tidak boleh dilewatkan oleh penyuka Jepang. Segera saya posting referensi dorama lain yang juga tak kalah seru dan menarik. Mungkin ada yang menganggap versi anime atau manganya lebih bagus, terserah kamu suka yang mana. Just- enjoy your free time.




T


8 comments:

  1. gileeeee, japan holic beneran ini mbaknya
    pernah nonton 1 litre of tears? yap! itu satu satunya drama jepang yg pernah saya tonton XD *bikin sedih-sedih gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. suka aja, seru nontonnya. Wah aku belum nonton yang itu, tapi lihat sekilas di google kayaknya bagus. Pemainnya Erika. Sepertinya hampir mirip dengan Boku No Ita Jikan dengan pemeran utamanya yang sakit dan lumpuh. Kapan2 coba aku cari 1 litre of tears deh.

      Delete
  2. majisuka ga masuk kak ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang main AKB itu ya? aq dah punya tapi belum nonton jadi belum masuk review. mungkin lain kali. Hehhe...

      Delete
  3. paling suka dari daftar diatas shiritsu bakaleya, soalnya ada mbak shimazakinya :v :v
    oh ya majisuka gakuen juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti penggemar AKB 48 nih :-) Majisuka Gakuen sudah punya tapi belum nonton. Sepertinya memang bagus.
      >.<

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. ko link download batchnya malah masuk youtube ya?

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools