#Dorama2: Dorama Jepang yang Pas Ditonton Saat Waktu Luang - Reezumiku

Wednesday, February 1, 2017

#Dorama2: Dorama Jepang yang Pas Ditonton Saat Waktu Luang

Akhirnya, setelah kemarin saya sudah menulis “5 dorama pendidikan bertema "Berantem" yang seru untuk ditonton”, sekarang ada lanjutannya nih. Tiga dorama lain yang diperankan oleh Miura Haruma. Pastinya, dorama yang keren, kocak serta romantis ini nikmat ditonton pada waktu luang, untuk menyegarkan pikiran.


Bloody Monday
Fujimaru dan teman-temannya
Bloody Monday  memiliki genre yang menarik. Apalagi pemainnya adalah Haruma Miura dan Takeru Sato (hehe). Mereka adalah sahabat di dunia nyata sekaligus dalam dorama ini. Kedekatan keduanya terlihat sangat natural dalam layar.

Bercerita tentang Fujimaru Takagi yang diperankan oleh Miura Haruma. Ia adalah seorang hacker handal yang menggunakan nama Falcon. Takagi terjebak dalam sebuah situasi yang mengharuskannya memecahkan suatu kode chip rumit. Chip itu berisi tentang sebuah wabah virus berbahaya di Rusia yang telah menewaskan banyak orang.  Takagi kemudian direkrut oleh Third-I yang merupakan sebuah agensi intelegen yang menjadi tempat bekerja ayahnya.

Seorang teroris bernama Orihara Maya juga mendekati Fujimaru Takagi dan teman-temannya dengan menyamar sebagai seorang  guru/dosen. Kejadian demi kejadian bermunculan, membuat Fujimaru kesulitan untuk mempercayai pihak mana.

Dorama ini membuat saya banyak berpikir. Ceritanya sangat misterus yang mengarahkan penonton untuk saling curiga pada karakter-karakter di dalamnya. Tapi sangat seru untuk ditonton apalagi bagi penyuka Detective Conan. Tidak ada hubungannya dengan Conan sih, tapi feel-nya akan sama saat menonton dorama ini.

Sementara itu, Bloody Monday 2 bercerita tentang ancaman bom yang daya ledaknya dapat menghancurkan Hirosima pada masa perang dahulu. Terdapat sebuah bom nuklir di dalam pesawat yang akan meledak tepat saat pesawat mendarat di Tokyo. Fujimaru harus memecahkan kode untuk menghentikan bom. Padahal dia juga dalam keadaan terpukul karena kematian ayah dan sahabat-sahabatnya yang sudah direncanakan teroris. 


Di season 2 ini, kita akan terpukau oleh kehebatan Falcon. Fujimaru akan bertarung dengan Hornet, sesama hacker yang handal. Bahkan Hornet sempat melumpuhkan sistem perangkat Third-i.  Setelah Hornet ditangkap, Takagi marah besar. Ia menanyakan tentang Spider- hacker lain yang mempunyai kemampuan di atas Hornet. Hingga akhirnya terungkap bahwa Spider adalah orang terdekat Takagi, Risa Kurano yang menjadi teroris untuk balas dendam. 


Q10 (KYUUTO)
Kyuuto dan Heita
Saya mendapat film ini dari teman kuliah yang nge-fans berat sama AKB-48. Seperti "Shiritsu Bakaleya Koukou" yang juga saya peroleh dari dia. Thanks a lot karena sudah menjadi teman satu-satunya untuk curhat urusan Jepang. Disaat yang lain demam korea, saya lega masih ada yang tetep suka dorama-dorama Jepang. Hehe.

Q10 atau dalam bahasa Jepang dibaca Kyuuto bercerita tentang cowok SMA bernama Fukai Heita (diperankan oleh Takeru Sato). Ia seorang murid dengan kehidupan yang datar-datar saja. Heita menderita sakit dan pernah mengalami operasi. Ia tidak bisa melakukan aktivitas yang terlalu banyak mengeluarkan tenaga seperti olahraga.

Lalu, harinya berubah ketika menemukan sebuah robot berbentuk manusia di ruang sains sekolahnya. Heita - yang terobsesi dengan gigi manusia –baginya terlihat seperti tuts piano dan mengeluarkan musik, akhirnya menyentuh gigi robot yang diperankan Atsuko Maeda, salah satu member AKB48.

Robot itu hidup karena salah satu bagian giginya adalah tombol On. Ia diberi nama Kyuuto oleh Heita. Semenjak itu, Kyuuto selalu menempel pada Heita. Kyuuto menuruti semua kata-kata Heita. Oh, ya, robot tersebut ada di ruang sains karena ditemukan kepala sekolah dari tempat sampah.

Kepala sekolah dan guru yang ahli di bidang robot mengetahui hal tersebut lalu berencana menyembunyikan fakta bahwa Kyuuto adalah robot. Ia meminta Heita untuk merawat Kyuuto. Sulitnya, baterai Kyuuto kadang habis sewaktu-waktu. Heita sampai harus menggendongnya saat hal itu tejadi.

Kyuuto memiliki nada bicara khas seorang robot. Terdengar sangat lucu bagi orang lain. Ia akhirnya sekolah dan masuk di kelas Heita. Kyuuto memiliki ingatan sangat kuat dan sangat cepat mempelajari sesuatu karena otaknya terbuat dari mesin. Teman-temannya kagum, namun juga merasa aneh dengan sikap Kyuuto yang kaku.

Heita selalu membantu Kyuuto. Ia mengajari hal-hal kecil pada Kyuuto. Kadang ia merasa lucu melihat Kyuuto yang polos tanpa ekspresi dengan nada bicara datar. Apalagi Kyuuto memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap orang-orang disekitarnya. Heita mulai memiliki rasa suka pada Kyuuto. Namun ia merasa bahwa hal tersebut salah. Bagaimana bisa ia menyukai sebuah benda? 

Masalah muncul bukan hanya dari mereka. Nakao tanpa sengaja melihat Kyuuto yang tertusuk tangannya namun tidak terjadi apapun pada tubuh cewek itu. Ia akhirnya tahu kalau Kyuuto robot. Nakao yang seorang otaku meminjam Kyuuto dan berniat untuk memilikinya karena ia tidak masalah kalau harus berkencan dengan robot.

Heita berpikir kalau hal itu bagus karena ia bisa terlepas dari Kyuuto. Makanya ia akan menonaktifkan Kyuuto untuk diberikan pada Nakao. Namun di saat-saat terakhir, Heita tidak sanggup melakukannya. Ia membawa Kyuuto kembali. Ia tidak mau berpisah dengan Kyuuto.

Ketika Nakao mengancam akan memberitahu orang-orang tentang Kyuuto yang seorang robot,  siswi perempuan muncul dan memperingatkannya agar tidak bertindak bodoh. Siswi misterius bernama Fujino Tsukiko itu mengancam akan membawa Kyuuto pulang ke tempat asalnya. Siswa perempuan itu juga muncul berkali-kali dihadapan Heita, memberikan beberapa petunjuk baginya.

Fujino mengancam dan menyamar menjadi murid di kelasnya. Heita mulai khawatir kalau Kyuuto akan menghilang sewaktu-waktu. Akhirnya Heita membawa Kyuuto pergi ke tempat yang jauh. Namun semua itu gagal karena Kyuuto tidak membawa sambungan untuk mengisi dayanya. 

Pada episode 8 inilah terungkap siapa sebenarnya Kyuuto dan apa alasannya bisa ada di tempat Heita. Kyuuto sebenarnya bernama Fujino Tsukiko, dari masa depan tahun 2080. Dia adalah robot yang dikirim istri Heita dari masa depan yang ingin melihat Heita ketika masih muda.

Agar robot Kyuuto dapat kembali ke masa depan, Heita harus menekan tombol riset. Namun ia tidak mau. Gurunya berusaha untuk menyelamatkan Heita. Tubuhnya melompati waktu dan berpindah-pindah ke masa depan. Ia akan lenyap jika tidak segera kembali. Makanya Heita menekan tombol reset dengan terpaksa. Kyuuto menghilang.


Saya pikir episode 8 ini sudah mendekati akhir karena tinggal satu episode lagi. Namun di episode 9 muncul alur yang tidak bisa ditebak. Hm… untuk yang ini, nonton doramanya langsung deh. Dijamin tidak menyesal dengan dorama yang unik ini.


 Samurai High School
Saya menonton dorama ini karena pemainnya adalah Miura Haruma (lagi). Saya baca dulu sinopsisnya di internet dan kebanyakan bilang aneh gokil abis. Ternyata... #wew banget. Haha #wew-nya kayak gimana, kalian harus nonton sendiri.

Mochizuki Kotaro diperankan oleh Haruma adalah seorang siswa SMA yang punya kepribadian yang  ‘terlihat’ sangat kocak. Bukan karena dia lucu, tetapi aneh dan super menyebalkan. Saya dibuat kaget dengan berbagai macam ekspresi gokil dari Miura Haruma tersebut. Kalau saya bukan fans setianya pasti sudah ill-feel. Tapi yang saya rasakan justru Haruma-kun berhasil mendalami karakter tersebut.

Suatu hari, Kotaro mendapat hukuman untuk menulis review sejarah dari gurunya karena tertidur di kelas sambil ngiler. #iew. Dia meminjam buku dari sebuah perpustakaan kuno Shinonome. Perpustakaan tersebut sangat sepi dan hanya ada satu pemilik berpakaian kimono yang misterius. Dari situlah Kotaro meminjam buku sejarah tentang masa lalu seorang samurai bernama Kotaro juga.

Kemudian ia dan Nagasawa Ai, sahabatnya terlibat perselisihan karena ingin menolong Nakamura yang dibully. Kotaro tidak punya keberanian melawan tiga pembully, padahal mereka wanita. Kemudian Ai tidak sengaja membuat Kotaro terjatuh. Tiba-tiba saja Kotaro berubah kepribadian.

Ya, Kotaro dirasuki oleh seorang samurai dari periode Sengoku bernama sama dengannya, seseorang yang ia baca ceritanya di buku sejarah tadi. Sang samurai dapat keluar masuk tubuh Kotaro dan kadang menimbulkan kekacauan yang membuat Kotaro si anak SMA kebingungan.

Karena merasa ada yang aneh dengan dirinya, Kotaro kembali ke perpustakaan untuk bertanya pada pemilik buku. Namun penjaga perpustakaan kuno yang ditemuinya bilang bahwa sang samurai tidak akan bisa pergi dari tubuhnya kecuali atas kemauannya sendiri, bahkan bisa mengambil alih tubuh Kotaro sepenuhnya.

Kotaro mulai benci pada samurai yang keluar masuk tubuhnya dengan tidak terduga. Ketika sang samurai mengambil alih tubuh Kotaro, ia akan bersikap seperti samurai dengan tata krama jaman dulu yang penuh wibawa, bahkan dihadapan orang tuanya sekalipun.  Sang samurai juga pandai berkelahi, jauh beda dengan perilaku Kotaro sebenarnya.

Oh ya, ketika sang samurai muncul, rambut Kotaro akan di ikat sedikit ke belakang. Itulah yang membedakan mereka secara visual. Sementara itu, Kotaro si anak SMA memiliki tampilan sangat culun dengan rambut panjangnya yang dibelah pinggir, lengkap dengan ekspresi wajah yang kocak.

Berbagai masalah semakin rumit. Hingga akhirnya muncul seseorang yang  dendam pada Kotaro dan membuat keributan di sekolah. Ia juga menuduh keluarga Kotaro mencuri katana(pedang). Keluarga Kotaro heran bagaimana bisa tiba-tiba ada katana di atas meja mereka. Ibunya mengira ulah tetangga yang usil karena Kotaro sering bermain-main saat dirasuki.

Kotaro berencana membawa katana tersebut ke polisi, namun ia membawanya ke perpustakaan lebih dulu untuk mengetahui kebenaran. Penjaga wanita tersebut mengatakan bahwa katana itu berasal dari jaman perang. Muramasa – katana milik Sanada Yukimura.

Kotaro ditangkap polisi atas tuduhan pencurian. Pada saat itu pula, Kotaro sang samurai merasuki tubuhnya lagi. Kotaro bersembunyi di sekolah saat semua orang sudah pergi. Pada malam hari, Kotaro SMA bertemu dengan Kotaro sang samurai dan mereka berkomunikasi.

Ai akhirnya menemukan cara menemui Kotaro dengan masuk lewat jendela. Ia mencoba untuk menyadarkan Kotaro dengan memeluknya. Namun semuanya tidak berhasil karena samurai Kotaro mulai mengambil alih tubuh Kotaro si anak SMA. Akhirnya Ai mencium Kotaro karena tidak ada cara lain. 

Kotaro tersadar. Namun ia tetap tidak mau keluar sebelum ayahnya membawa ayah Iwanaga – pemilik katana tersebut. Ai menceritakan kalau Nakamura sedang ditahan di kantor polisi karena membela Kotaro. Akhirnya Ai dan Kotaro berpegangan tangan. Mereka keluar dan berlari membawa katana tersebut ke perpustakaan.

Petugas wanita perpustakaan memberikan halaman terakhir buku sejarahnya. Tentang sebuah syair kematian sang samurai Kotaro. Kotaro memahami sang samurai. Ia lalu  membawa samurai tersebut ke hadapan polisi, guru, dan teman-temannya. Ia mengakui bahwa ia tidak mencuri dan berniat membawanya ke polisi. Namun Kotaro tetap ditangkap hingga akhirnya Iwanaga datang dan mengakui bahwa dialah yang menaruh katana tersebut di rumah keluarga Mochizuki.


The ending made me shocked too. Silahkan menontonnya sendiri. Itu belum ending loh.



*


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools