Pantai Tersembunyi di Jalur Lintas Selatan Tulungagung: Pantai Gemah - Reezumiku

Sunday, May 14, 2017

Pantai Tersembunyi di Jalur Lintas Selatan Tulungagung: Pantai Gemah


Kenapa dinamakan pantai tersembunyi?
Lokasinya tidak benar-benar tersembunyi atau sulit dijangkau. Saat melewati Jalur Lintas Selatan di daerah Besuki, Tulungagung, kamu dapat langsung menemukan keberadaan Pantai Gemah. Hanya saja, Pantai ini baru ditemukan saat proses pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS). Tanpa proyek besar yang pernah digagas oleh presiden Soekarno dan dibangun pada masa pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono hingga sekarang, keindahan Pantai Gemah akan tetap tersembunyi dan tidak dapat dinikmati masyarakat luas seperti sekarang ini.

Keindahan di Jalur Lintas Selatan
Pantai Gemah dan JLS telah menjadi magnet tersendiri bagi para pemburu wisata pantai. Tak  lebih dari setahun setelah ditemukan, Pantai Gemah telah menarik ribuan pengunjung baik dari dalam kota maupun luar Tulungagung. Hingga kini, parkiran sepeda motor, mobil dan bus selalu penuh di setiap akhir pekan.


*  Jalan meliuk dengan sensasi  angin sepoi dari pantai selatan *


Jalur Lintar Selatan (JLS) yang berada di kecamatan Besuki ini dibangun pada area pegunungan. Beberapa lintasannya juga membelah gunung-gunung yang ada, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melaluinya. Dengan latar pemandangan pantai biru dan langit yang cerah, banyak pengendara yang menyempatkan minggir ke tepi untuk sekedar berfoto atau makan diwarung-warung yang ada di sepanjang jalan.


* Hamparan pasir di sepanjang bibir Pantai Gemah *



Ketika memasuki area pantai, saya perlu membayar Rp. 5000 per kendaraan (sepeda motor) atau Rp.10.000 untuk mobil. Kalau weekend harga lebih mahal. Kendaraan dapat diparkirkan pada sepanjang tempat yang tersedia dengan payungan pohon-pohon cemara. Pantai Gemah merupakan pantai yang luas dengan pasir cokelat sepanjang bibir pantai yang mencapai kurang lebih satu kilometer. Pantai yang berada di kawasan Teluk Popoh, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung ini menjadi sangat ramai di akhir pekan. Keramaiannya sama seperti Pantai Parangtritis yang tidak pernah sepi itu. Jadi, saya sarankan untuk ke sini selain akhir pekan dan hari libur jika ingin bersantai dengan lebih tenang.


* Mengendarai ATV keliling pantai *



Fasilitas yang satu ini sangat menarik untuk dicoba. Area pantai yang luas dan panjang membuat pengunjung lebih leluasa mengendarai ATV yang disewakan penyedia jasa. Harganya Rp. 80.000/jam. Lumayan kan buat bergantian dengan teman atau boncengan sama keluarga. Brum! Brum!


* Naik Perahu mengarungi lautan biru *






Bagi kamu yang ingin melihat keindahan pantai dari tengah lautan, atau ingin melihat area wisata lain di sekitar Pantai Gemah, kamu dapat naik perahu yang siap melayani perjalanan laut dengan aman. Tarif yang diminta adalah Rp. 10.000/orang. Dengan pelampung melekat di tubuh, kamu dapat berkeliling lautan dengan lebih nyaman. Perahu akan berlayar kalau kuota penumpang sudah memenuhi.

Lumayan menyegarkan karena saya dapat menyentuh biru air yang kadang berkecipak dan meninggalkan rasa asin di mulut. Selain itu, melihat pantai dari lautan itu ternyata lebih indah. Ada pulau-pulau kecil yang cantik serta sebuah pantai yang belum terjamah dengan pasir putih mengilau saat perahu membawa lebih jauh. Kami juga melewati objek wisata Pantai Klathak. Hanya saja, tidak ada pemandu yang memberi penjelasan tentang tempat-tempat yang dilalui perahu. Jadi, cuma melihat pemandangan saja tanpa tahu apa ini apa itu. Beda dengan pemilik perahu di Pantai Pasir Putih yang pernah saya kunjungi dulu. Beliau memberi penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penumpang dengan informatif. Semoga kedepannya bisa begitu juga sehingga pengunjung bisa lebih tahu tentang keindahan pantai selatan Tulungagung.

Nah itu dia beberapa keindahan yang dapat kamu jumpai di Pantai Gemah. Akses jalan yang mudah sangat mendukung perkembangan objek pariwisata satu ini.

Kalau ke Pantai Gemah, mampir juga ke Pantai Klathak yang jaraknya cukup dekat dari sana. Lihat nih perjalanan saya selanjutnya ke pantai yang punya banyak karang tersebut.  à PANTAI KLATHAK

#DolanNengSekitarKeneWae
#BawaSampahmuPulang
#WisataTanpaSampahAsikBuatFoto

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools