Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur - Reezumiku

Sunday, September 2, 2018

Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur

: Akses, Jalan, Lokasi, HTM (Harga Tiket Masuk), Fasilitas, Koleksi Foto
Tempat wisata pantai di Tulungagung akhir-akhir ini mulai diminati ‘para pemburu foto’. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Kabupaten Tulungagung memang memiliki banyak tempat wisata pantai yang indah dan berpasir putih. Beberapa diantaranya sudah cukup terkenal dan diserbu wisatawan baik dari dalam kabupaten maupun dari luar kota. Namun tidak sedikit pula pantai-pantai yang belum terjamah atau masih sedikit orang yang tau keberadaannya.

Apalagi semenjak kedatangan MTMA ke kota marmer, para petualang dan pecinta wisata alam mulai menemukan area-area di Tulungagung yang sebelumnya tidak diketahui masyarakat umum. Berkat hal itu pula, kini telah banyak pilihan wisata pantai di Tulungagung yang dapat sahabat kunjungi saat liburan.

Inilah beberapa tempat wisata pantai di Tulungagung yang dapat dijelajahi bersama teman atau keluarga. Namun kalian harus tetap hati-hati karena hampir semua pantai di Tulungagung memiliki ombak besar sehingga pengunjung dilarang untuk berenang. Liburan nyaman keselamatan juga harus aman…

1. PANTAI KLATHAK
Alamat
Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil, bus
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
5000
Fasilitas 
Warung makan, toilet, masjid di pemukiman warga
Keterangan
Pantai Klathak berdekatan dengan Pantai Gemah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini sebagai alternatif saat Pantai Gemah sedang padat pengunjung. 

Info lebih lengkap klikPantai Klathak Tulungagung

2. PANTAI GEMAH
Alamat
Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil, bus
Tiket masuk
Hari biasa 5000,  weekend 7500 per orang
Parkir kendaraan 
Free
Fasilitas 
Kamar mandi, warung makan, penyewaan ATV Rp.80.000 per jam, perahu keliling laut Rp.10.000/orang, Flying fox Rp.20.000/orang, Banana Boat Rp.40.000/orang. (Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Ini adalah update bulan April 2018)
Keterangan
Banyak orang menyebut pantai Gemah sebagai Parangtritis-nya Tulungagung. Ya, pantai ini memang sangat luas memanjang. Kalau di Pantai Parangtritis Yogyakarta kamu bisa naik dokar, tapi di Pantai Gemah pengunjung dapat menaiki ATV. 

Info lebih lengkap bisa baca postingan berikut ini: Pantai Gemah Tulungagung 

3. PANTAI SIDEM
Alamat
Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil
Tiket masuk
7500
Parkir kendaraan 
2000
Fasilitas 
Warung makan, toilet, penjual souvenir, mushola
Keterangan
Main ke Pantai Sidem sebagai wisata pantai yang murah. Meskipun airnya tidak begitu jernih, namun pantai ini mudah di jangkau sehingga cukup banyak orang yang berkunjung di akhir pekan. 

Baca informasi lengkapnya di sini: Pantai Sidem Tulungagung

4. PANTAI POPOH
Alamat
Ds. Besole, Kec. Besuki, Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil
Tiket masuk
7500 per orang
Parkir kendaraan 
5000
Fasilitas 
Keterangan
MCK, Mushola, Pedagang
Pantai Popoh pernah menjadi ikon kebanggaan Tulungagung. Fasilitas lengkap tersedia dan selalu diperbaiki oleh pemerintah. Saya yakin kalau sebagian besar  Wong Tulungagung pernah kesini meskipun hanya sekali, entah waktu kecil atau saat sudah dewasa. Bagi Wong Tulungagung, pergi ke Pantai Popoh seperti menapaki kenangan indah masa lalu. Hehe. Hingga saat ini pun area wisata tersebut masih menjadi favorit. Banyak penjual yang menjajakan makanan dan juga souvenir khas kota Marmer. 

Baca Info lengkapnya di sini: Wisata Pantai Popoh Tulungagung.

5. PANTAI CORO
Alamat
Ds. Besole, Kecamatan Besuki, Kab Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor dan mobil hanya sampai Reco Sewu,  lalu jalan kaki
Tiket masuk
7500 per orang di pintu masuk Pantai Popoh, lalu bayar 5000 saat masuk area Pantai Coro
Parkir kendaraan 
Mulai 3000
Fasilitas 
Kamar mandi, warung makan, sewa bonceng motor ke pantai sebagai alternatif jalan kaki
 Keterangan
Sumpah, Pantai Coro itu indah banget. Meski kamu butuh jalan kaki lumayan jauh untuk mencapai lokasi yang terpencil, tapi semua jerih payah akan terbayar dengan kealamian dan kecantikan pantainya. Apalagi kalau sampai di sana saat air suru, kamu bisa melihat ikan-ikan yang terperangkap di karang. 

Yuk baca postingan ini untuk tau lebih lengkap tentang Pantai Coro: Pantai Coro Tulungagung

6. TEBING BANYU MULOK
Alamat
Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor, mobil lalu jalan kaki
Tiket masuk
7500 (di pintu masuk kawasan popoh)
Parkir kendaraan 
3000
Fasilitas 
Keterangan
Tempat parkir dan warung tapi jauh dari lokasi tebing
Tebing Banyu Mulok sangat populer bagi wisatawan luar Tulungagung. Wisatawan dari wilayah lain banyak yang penasaran karena tidak semua pesisir memiliki lokasi seperti ini. Banyu Mulok bukanlah pantai namun sebuah tebing dekat laut yang memiliki pemandangan sangat indah. Terdapat rumput yang alami seperti savana yang tertiup angin dan cocok untuk foto selfie.

7. PANTAI SAWAH OMBO
Alamat
Dk. Brumbun, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor sampai Pantai Brumbun lalu jalan kaki (jalur sempit, tidak rata dan naik turun)
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Mulai 3000
Fasilitas 
Warung makan, mushola, penyewaan ATV hanya terdapat di Pantai Brumbun, di sekitar Pantai Sawah Ombo belum ada
Keterangan
Nggak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat buat lihat karang hidup. Mereka muncul saat air surut di Pantai Sawahan Ombo ini. Y

uk lihat kecantikan organisme bawah laut Pantai Sawahan Ombo di sini: Pantai Sawah Ombo Tulungagung

8. PANTAI BRUMBUN
Alamat
Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Mulai 3000
Fasilitas 
Warung makan, toilet, mushola, penyewaan ATV
Keterangan
Satu lagi wahanan bermain seru di pantai Tulungagung. Pantai Brumbun kini memiliki rumah apung yang bisa dikunjungi wisatawan dengan menyewa perahu. Di satu-satunya rumah apung tersebut, kamu dapat berenang dan melompat riang di lautan. Belum pernah mencobanya kan? Seru pasti!

Karena satu lokasi dengan Pantai Sawahan Ombo, bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap bisa baca postingan ini: Keindahan Terumbu Karang dan Organisme Bawah Laut Pantai Sawah Ombo, Tanggunggunung, Tulungagung

9. PANTAI GERANGAN
Alamat
Wonokoyo, Ngrejo, Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 
Akses
Sepeda motor (jalur sulit dilalui)
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
3000
Fasilitas 
Keterangan
MCK, warung, mushola, dekat pemukiman warga
Pantai Gerangan cukup dekat dengan pemukiman warga. Namun jalur menuju lokasi sangat sulit dan ekstrim. Kamu harus berhati-hati mengendarai sepeda motor jika ingin main ke Pantai Gerangan ini. 

Info lebih lengkap klik: Pantai Gerangan Tulungagung.

10. PANTAI SIORO
Alamat
Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung,  Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor (jalan sulit dilalui) lalu jalan kaki
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Free
Fasilitas 
Keterangan
Belum ada
Yes! Pantai Sioro ini adalah pantai yang mulai hits sejak postingan beberapa pelancong di unggah. Pantai ini memiliki ciri khas sebuah tebing kecil yang berada di tengah laut (tidak jauh dari bibir pantai). Letaknya jauh dari pemukiman dan harus berjalan kaki cukup jauh untuk menjangkaunya. 

Info lebih lengkap: Pantai Sioro Tulungagung.

11. PANTAI BAYEM
Alamat
Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor, mobil, bus
Tiket masuk
Sama dengan Pantai Gemah
Parkir kendaraan 
-
Fasilitas
Keterangan 
Warung, Gazebo-gazebo
Pantai bayem terletak di sekitar Pantai Gemah. Di sana banyak pohon cemara yang berjajar rapi. Suasananya cocok untuk liburan keluarga karena terdapat gazebo-gazebo dari kayu sebagai tempat beristirahat.

12. PATHOK GEBANG
Alamat
Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor sampai Pantai Sanggar  lalu jalan kaki
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Parkir di Pantai Sanggar 3000
Fasilitas 
Keterangan
Belum ada
Pathok Gebang merupakan wisata pesisir selatan Tulungagung yang cukup sulit dijangkau. Namun pemandangannya sangat cantik dengan air biru laut yang menyegarkan

13. PANTAI SANGGAR
Alamat
Ds. Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor
Tiket masuk
Gratis (tahun 2010)
Parkir kendaraan 
Free
Fasilitas 
Warung
Keterangan
Pantai ini dekat dengan Pantai Sine. Pantai sanggar semakin cantik karena jalur menuju pantai kini semakin mulus dengan aspal baru. 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap bisa baca postingan ini: PANTAI SANGGAR-SINE: Butuh Perjuangan demi Dreamland Beach-nya Tulungagung

14. PANTAI NGALUR
Alamat
Desa Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Gratis
Fasilitas 
Belum ada

15. PANTAI SINE
Alamat
Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
3000
Fasilitas 
Toilet, pedagang, pelelangan ikan, spot camping
Keterangan
Pantai Sine kini semakin ramai dengan pesona cemara sewu-nya. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat rimbunan pepohonan yang berjajar rapi dan cantik. 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap bisa baca postingan ini:  PANTAI SANGGAR-SINE: Butuh Perjuangan demi Dreamland Beach-nya Tulungagung

16. PANTAI DLODO
Alamat
Desa Dlodo, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor, mobil bisa tapi sulit
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
5000
Fasilitas 
Warung makan, bilik ganti, NO mushola namun dekat rumah warga kalau mau numpang sholat
Keterangan
Pantai Dlodo identik dengan gundukan pasir bak gurun dan hilir sungainya. Sampai saat ini, belum ada yang mengalahkan pesona Pantai Dlodo sebagai pantai yang cantik di Tulungagung. 

Yuk cari tau lebih lanjut di sini: Pesona Padang Pasir Pantai Dlodo, Tulungagung

17. PANTAI PUCANG SAWIT
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung
Akses
Sepeda, sepeda motor (jalur sulit)
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
Free
Fasilitas 
Keterangan
Belum ada
Pantai ini memiliki jalur yang cukup sulit karena harus melewati ladang dan perbukitan yang cukup melelahkan untuk dilalui. Namun Pantai Pucang Sawit memiliki pesona khas pantai yang jarang ada di tempat lain. Banyak batu-batu besar maupun kecil yang tersebar di bibir pantai. Hampir mirip Belitung gitu deh. Batunya juga serupa batuan kali. 

Baca perjalanan saya di sini: Pantai Pucangsawit Tulungagung.

18. PANTAI GLOGOK/SALAPAN
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur
Akses
Sepeda motor
Tiket masuk
Belum ada
Parkir kendaraan 
Belum ada
Fasilitas 
Keterangan
Belum ada
Pantai Glogok memiliki ciri khas yang mirip Pantai Pucang Sawit. Banyak bebatuan yang sangat cantik dijadikan latar berfoto.

19. KEDUNG TUMPANG
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor, lalu jalan kaki
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
5000
Fasilitas 
Kedung tumpang merupakan wisata pesisir selatan yang cukup ekstrim. Di sini, kamu bisa melihat ombak lautan yang ganas menabrak karang hingga menumbulkan cipratan air yang muncrat ke udara. Untuk menjangkau lokasi, pengunjung perlu melewati beberapa jalur yang sulit dan harus menggunakan tali untuk berpegangan. Di sini, kamu bisa menemukan kolam renang alami yang lagsung menghadap laut (namun berbahaya jadi tidak disarankan untuk mandi di sana)

20. PANTAI NGLINCI
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor parkir di dekat Pantai Lumbung, lalu jalan kaki
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
2000
Fasilitas 
Belum ada
Keterangan
Pengen ngerasain pantai pribadi??? ke Pantai Nglici aja. Pantai ini sangat sepi meskipun saat weekend. Pokoknya kamu bakal ngerasa lagi terdampar di pulau tak berpenghuni kalau datang ke sini. 

Lihat nih cerita lengkapnya: Pantai Nglinci Tulungagung

21. PANTAI LUMBUNG
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor (jalur sulit karena jalanan rusak)
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan 
2000
Fasilitas 
Keterangan
Warung, toilet
Sekali main ke Pantai Lumbung, kamu bisa sekalian ke Pantai Molang, Pantai Pacar, Pantai Nglinci, Kedung Tumpang. 

Cek infonyai sini: Pantai  lumbung Tulungagung

22. PANTAI PACAR
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor (aspal rusak)
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan
Fasilitas 
Free
Warung 
Keterangan 
Pantai Pacar berlokasi dekat pantai Molang. Letaknya sangat dekat dengan tambak udang. Jika air naik, pantai akan sepenuhnya tertutup air sehingga tidak terlihat. 

Info lebih lengkap disini: Pantai Pacar Tulungagung.

23. PANTAI MOLANG
Alamat
Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung
Akses
Sepeda motor, mobil
Tiket masuk
Gratis
Parkir kendaraan
Free
Fasilitas 
Keterangan
Tidak ada 
Main ke Molang yuk. Pantai ini dekat dengan tambak udang. Dulunya pernah ramai pengunjung, namun sekarang sudah sepi. Jejak-jejak keramaiannya masih bisa kamu dapati di sana. 

Lihat informasi lengkapnya di sini: Pantai Molang Tulungagung

24. PANTAI DADAP
Alamat
Desa Gerbo, Besuki, Tulungagung
Akses
Sepeda motor, mobil
Tiket masuk
Rp.7.500
Parkir kendaraan 
-
Fasilitas 
Warung
Pantai Dadap berada satu lokasi di kawasan Pantai Popoh. Jadi kalau ke sini, kamu bisa sekalian mampir ke Pantai Coro dan Tebing Banyu Mulok karena tidak perlu membayar tiket masuk lagi.


WISATA PANTAI LAINNYA:

Pantai Nggodeg

Pantai Sambung

Pantai Sengladak

Pantai Tangkilan

Pantai Ngapurancah

Pantai Semanten

Pantai Ngepor

Tebing Omben Banteng

Pantai Semrawang

Tebing Ombak Door

Tebing Pancing

Pantai Putihan

Pantai Branjah

Pantai Sinep

Pantai Silangkap

Pantai Kalipucung

Pantai Gowok

Pantai Arakan

Pantai Ngadean


Itulah 24 Tempat Wisata Pantai di Tulungagung yang keren abis dan patut kamu kunjungi. Informasi harga dan akses dapat berubah sewaktu-waktu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai tercinta kita ya... Buang sampah sepatutnya agar tempat wisata di Tulungagung tetap bersih dan hasil jepretan kamera pun jadi keren.

Jika ada pantai lain yang sahabat ketahui namun tidak ada di daftar, atau sahabat baru saja liburan ke sana dan ada informasi terbaru, silahkan tulis di komentar ya. Insaallah nanti saya tambahkan ke dalam postingan supaya  lebih informatif dan dapat dijadikan referensi untuk wisatawan lainnya.

Terimakasih banyak dan selamat liburan!!!!



Koleksi foto lebih lengkap di Instagram @Reezumiku_blog



7 comments:

  1. Tulungagung ternyata banyak juga yah wisata pantai nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... lumayan banyak. sayang nggak bisa dipake berenang. ehhehe

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Cocok ni buat besok kalau main ke Tulungagung.. Belum nyentuh pantainya sama sekali eh..

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools