DIY - Membuat Bingkai Foto dari Kertas Undangan - Reezumiku

Sunday, September 3, 2017

DIY - Membuat Bingkai Foto dari Kertas Undangan


Musim nikah gini pasti sahabat kebanjiran undangan. Iya kan? Daripada habis di buka terus terbuang sia-sia, mending didaur ulang jadi barang baru yang lebih bermanfaat. Kali ini saya akan memberi tips untuk membuat bingkai foto dari kertas undangan. Buat kamu yang suka selfie sekaligus pajang foto, simak postingan ini sampai selesai ya.


Persiapkan:




-         Kertas undangan bekas yang tebal
-         Foto kamu yang paling kece
-         Hiasan ( Manik-manik, bunga-bunga, atau apapun yang akan mempercantik fotomu)
-         Gunting
-         Tape bening
-         Lem / double tape
-         Tali / Benang


Langkah pembuatan:


1.
Pilihlah undangan dengan gambar yang cantik supaya nggak perlu dilapisi dengan background lagi. Karena bentuknya juga sudah persegi atau persegi panjang, kita nggak harus membentuk pola. Undangan seperti ini sudah sangat sempurna untuk dijadikan bingkai foto.
Yang perlu dilakukan adalah menutupi tulisan-tulisan yang ada di dalam undangan agar tidak terlihat. Letakkan foto untuk menutupi tulisan tersebut atau gunakan hiasannya nanti.


2.
Tempelkan foto dengan menggunakan double tape atau lem Rajawali. Foto hanya ditempelkan begitu saja sebenarnya sudah cukup. Tapi kali ini saya ingin melapisinya dengan tape  bening / transparant supaya terlihat mengilap dan foto mudah dibersihkan dari debu serta tidak gampang pudar.
Caranya yaitu dengan menempelkan tape bening ke seluruh permukaan depan undangan.


3.
Hias foto dengan menempelkan pernak-pernik sesuai selera kamu. Hiasan ini bisa menggunakan berbagai bahan bekas seperti manik-manik bekas bros atau gelang, aksesoris, gambar-gambar lucu, kirigami, dan aneka kreasi lainnya. Karena kemarin saya baru dari pantai, jadi kali ini saya ambil tema laut dengan dekorasi kerang hasil oleh-oleh kemarin. Hehe…
Tempelkan dengan lem rajawali atau lem tembak dan tunggu hingga kering agar melekat sempurna.


4.
Semua sudah beres, tinggal membuat gantungan yang akan menempelkan bingkai pada dinding. Di sini saya menggunakan benang tali dan menambahkan hiasan berupa manik-manik. Kamu bisa menggunakan benda lain seperti tali unik atau pita.
Tempelkan di bagian tengah atas agar bingkainya seimbang ketika di tempelkan pada dinding


5.
Lapisi bagian belakang dengan kertas origami agar lebih rapi. Bingkai foto sudah siap digantung pada dinding.


Nah, sekarang sudah jadi deh. Foto kece kamu siap nangkring buat menghiasi dinding kamar atau ruang tamu yang kosong. Selain kreasi di atas tadi, sangat banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat bingkai foto lebih beragam. Ini nih beberapa contoh bingkai mulai dari bingkai susun hingga bingkai duduk yang sudah pernah saya buat.







Kreasi seperti ini tergolong sebagai seni scrapframe kali ya. Kalau kamu mempelajari teknik-tekniknya, saya yakin kreasi buatanmu sendiri jadi lebih kaya dan indah.

Menggunakan bingkai foto DIY dari kertas undangan daripada frame foto kaca yang ada dipasaran itu juga lebih seru. Banyak banget keunggulannya. Kita bisa mengreasikannya sesuai keinginan. Bentuknya juga lebih variatif, tidak melulu kotak. Selain itu, kalau kita bosan, bingkai masih bisa diubah dekorasinya. Harga juga jauh dibawah frame pasaran. Bahkan saya hampir tidak mengeluarkan biaya karena semua bahannya dari barang bekas daur ulang dan peralatan yang ada di rumah.


Selamat mencobanya sendiri. Jangan lupa untuk follow blog saya dan like postingan ini ya! Insaallah saya akan sering berbagi tips DIY dari berbagai macam benda. Kalau ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar. Arigatou gozaimash!!!
.
.
#DIY





>>> NEXT >>>

1 comment:

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools