Pantai Molang Asyik Buat Nyepi Sambil Main Pasir – Tulungagung - Reezumiku

Wednesday, November 1, 2017

Pantai Molang Asyik Buat Nyepi Sambil Main Pasir – Tulungagung


Pantai di Tulungagung tak habis-habisnya menarik wisatawan lokal maupun luar kabupaten, utamanya kota-kota yang tidak memiliki pantai di wilayahnya. Kabupaten Tulungagung seakan memamerkan pesona pesisir pantai selatannya. Wisatawan berbondong-bondong menuju kota marmer hanya untuk melihat kecantikan laut biru. Selain itu, pasir yang beragam dan karang-karang yang terlihat saat air surut juga amat memesona.

Terbukti, tahun 2017 ini, beberapa pantai di Tulungagung sudah berbenah diri. Fasilitas diperbanyak dan akses jalan diperbaiki untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang. Acara hiburan juga diadakan pada waktu-waktu tertentu untuk meramaikan area wisata. Pemerintah pun serius melakukan promosi potensi wisata di Tulungagung melalui berbagai media dan event.


Diantanra puluhan pantai yang ada, masih ingatkah kamu dengan Pantai Molang? Cobalah menjelajah memori, mungkin beberapa tahun lalu, Pantai Molang pernah akrab ditelinga sebagai tempat wisata popular di Tulungagung.


Pantai Molang berada di Pucanglaban. Lokasinya tidak jauh dari tambak udang. Dulu, pantai ini merupakan area wisata keluarga yang cukup ramai. Bekas area parkir, warung-warung, post penjaga bahkan masih ada sampai sekarang. Bangunan tak terawat yang mulai ambruk satu persatu  itu telah menjadi saksi bisu bahwa Pantai Molang sempat menjadi primadona.

Sekarang kondisinya jauh berbeda. Saat saya datang ke Pantai Molang untuk bertama kalinya, tak ada satupun orang di sana. Suasana sunyi menyambut dengan nyaringnya deburan ombak. Saya sempat berhenti sejenak untuk memutuskan turun dari motor atau tidak karena terlalu ngeri dengan kesenyapan pantai tersebut. 



“Pantai yang ditinggalkan, apa yang mau dinikmati?”

Setelah dilihat dari dekat, sayang sekali jika tidak menjelajah pantai yang luas tersebut. Pasirnya amat bersih dan berwarna cokelat terang. Terik matahari siang semakin memantulkan kilaunya pada pasir. Saya merasa benar-benar bebas di sana. Inilah mengapa kamu harus ke Pantai Molang jika ingin menikmati nuansa pantai tanpa harus terganggu keramaian pengunjung lain.


Bahkan saya tanpa ragu berlarian sambil teriak-teriak meluapkan kebebasan. Kapan lagi bisa begini di pantai. Biasanya kalau mau bicara keras saja malu atau takut mengganggu orang di sekitar. Tapi di pantai ini, saya merasa benar-benar bebas melakukan apapun tanpa memedulikan siapapun, yach memang karena tak ada siapapun.

“Ada apa lagi di sana?”

Jika berjalan ke arah matahari terbit, kamu akan menemukan karang yang terhampar cukup luas juga. Meski cukup tajam dan licin, saya sempat melihat-lihat bagian atas bebatuan karang tersebut. Banyak organisme laut yang terperangkap di cekungan-cekungannya. Mereka terbawa ombak saat air pasang. Ikan, kepiting, dan beberapa siput serta tumbuhan laut yang belum pernah saya lihat sebelumnya sangat menarik untuk diamati.

Ini juga pertama kalinya saya menemukan tumbuhan laut yang mirip daun putri malu di pantai Tulungagung. Ehm, entah itu masuk golongan tumbuhan atau hewan saya juga masih tidak tau. Hanya saja, organisme tersebut terihat seperti tumbuhan bunga yang berbentuk melingkar. Serabutnya bergerak-gerak ke knan ke kiri, dan saat di sentuh lingkaran bulat yang mirip bunga itu langsung tertutup. Mirip putrid malu kan?!

~Baca Juga: Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur~

Saya memang jarang bisa melihat karang yang muncul dipermukaan pada pantai di wilayah Tulungagung. Selain jadwal surutnya sulit dikejar, pantai-pantai pesisir selatan cenderung berombak besar sehingga pengunjung dilarang bermain terlalu dekat dengan air. Namun, beruntungnya saya pernah melihat terumbu karang waktu mengunjungi Pantai Coro dan Pantai Sawahan Ombo, juga di Pantai Molang ini.



“Bau limbah dari tambak udang.”

Saya mulai berpikir apakah ini sebabnya Pantai Molang Mulai ditinggal wisatawan. Saat berjalan semakin ke timur, akan ada aliran air yang memisahkan pantai tersebut menjadi dua bagian. Airnya sangat amis dan baunya dapat dicium dari jarak beberapa meter. Warna airnya juga kotor dan benar-benar menghapuskan segala imajinasi indah dari pantai yang tadinya sangat indah. Itu adalah air pembuangan (limbah) dari tambak udang.

Jika diperhatikan dengan seksama saat mendekati bibir pantai, kamu juga dapat melihat ikan-ikan kecil berenang diantara gulungan ombak. Jumlahnya cukup banyak dan sangat dekat ke tepian. Saya saja masih tak percaya ikan-ikan itu bisa terhihat dari pantai seolah-olah bisa ditangkap dengan jaring dalam sekali ciduk. Sepertinya potensi ikan di sini juga sangat baik. Namun ombak yang amat besar sangat berbahaya. Papan peringatan juga di pasang agar siapapun tidak mendekat ke pantai.

The last, jika kamu ingin menikmati suasana pantai dengan lebih bebas tanpa harus berdesak-desakkan dengan pengunjung lain, Pantai Molang Solusinya.
  
INFORMASI


Jalurnya tidak sesulit pantai “sepi’ lain. Karena dulu pernah di aspal, jadi mobil bisa menjangkaunya. Namun karena lama tidak ada perbaikan, aspal yang ada sudah rusak parah dan berlubang-lubang. Beberapa bagian juga penuh batu-batuan. Kabar gembiranya, setelah ditemukan lokasi pantai baru yaitu Pantai Pacar, Pantai Lumbung dan Pantai Nglinci/Blabak, jalan di beberapa titik mulai diperbaiki. Meskipun belum seluruhnya, lumayan lah untuk mempermudah jalan menuju lokasi.

PETUNJUK JALAN
Jalan paling mudah yaitu melalui Lok Songo (Kelokan 9) Pucanglaban. Kamu bisa gunakan google map untuk lebih mudahnya. Jika belum pernah ke sana dan ragu-ragu, tanya saja arah ke Pantai Molang / Kedung Tumpang karena semakin dekat ke pantai sinyal semakin susah. 

FASILITAS
Karena sudah tidak ada warung yang beroperasi, lebih baik bawa makan minum dari rumah. Kendaraan bisa diparkir di sepanjang pantai namun tetap awasi sendiri keamanannya. Toilet juga tak ada tapi ada beberapa rumah yang dihuni orang setempat. 

WISATA DI SEKITARNYA
Desa Pucanglaban memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi meski tidak ditujukan untuk wisata. Beberapa di antaranya adalah pantai pesisir selatan yang asri:
1. Pantai Pacar
2. Pantai Lumbung
3. Pantai Nglinci
4. Pantai Kedung Tumpang





1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools