Bekal Menghadapi Dunia Masa Depan, Perkenalkan Anak dengan Teknologi Sejak Usia Dini - Reezumiku

Sunday, September 23, 2018

Bekal Menghadapi Dunia Masa Depan, Perkenalkan Anak dengan Teknologi Sejak Usia Dini



Ayo ke DUMET SCHOOL untuk mendapatkan skill yang mumpuni dan mengakrabkan diri dengan teknologi!

Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan dengan baik oleh orang tua adalah mempersiapkan anak-anaknya agar dapat hidup dengan baik di masa depan. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah memperkenalkan teknologi sejak dini. Loh, kok malah teknologi?

Kata-kata serupa mungkin pernah kamu baca sebelumnya di buku-buku pelajaran ataupun di berbagai artikel yang membahas tentang teknologi. Era millennia ini tak akan pernah terlepas dari yang namanya perkembangan dunia digital. Untuk itu, orang tua maupun para pendidik anak usia dini perlu memberikan pengetahuan dasar pada anak agar mereka bisa menggunakan teknologi dengan cerdas.

Tidak ada gunanya melarang atau menjauhkan anak dengan teknologi karena semua hal itu ada di depan mata kita. Mulai dari media elektronik, dan yang paling berkembang saat ini adalah internet. Jika tidak memberikan pengenalan pada usia dini, maka anak-anak akan menuntut rasa ingin tahunya tanpa ada kontrol dari orang dewasa. Akibatnya, bukan hal-hal positif yang di hasilkan melainkan kegiatan sia-sia, membuang waktu hingga berdampak pada perilaku malas serta perbuatan kurang baik lainnya.

Sebagai seorang yang bekerja di bidang pendidikan, saya pun menyadari akan pentingnya internet dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi tidak lagi belajar dengan cara mendengarkan atau menulis saja. Otaknya semakin berkembang dan ingin mencari tahu lebih banyak. Mereka juga akan mudah merasa bosan jika hanya belajar tentang materi tanpa diberikan sesuatu hal yang asyik dan menarik.

Untuk itulah, beberapa metode pembelajaran di sekolah sudah berubah.  Beberapa diantaranya melibatkan internet maupun berbagai jenis teknologi lain.  Pendidikan itu selayaknya harus mampu menggembangkan values (nilai-nilai), creation (kreasi), recreation (rekreasi), dan pembiasaan berfikir. Contohnya saja komputer, anak dapat memiliki kreasi dalam menggunakan alat elektronik tersebut.

Selain dapat belajar, seluruh aspek perkembangan pun akan meningkat. Misalnya, merangsang motorik tangan anak dan menyeimbangkan koordinasi mata. Apalagi, anak dibawah usia 8 tahun dapat dengan cepat menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka. Saat itulah mereka harus diajarkan menggunakan teknologi dengan cerdas. Terlebih juga, jika anak sudah diperkenalkan dengan teknologi sejak dini, maka untuk pendidikan selanjutnya akan menjadi lebih mudah.


Pengajaran Yang Diperoleh Anak Dapat Menentukan Nilai-Nilai Keterampilan Mereka di Masa Mendatang


Memang, teknologi informasi memiliki dampak positif dan negatif. Apalagi, dengan adanya internet yang saat ini sangat mudah sekali untuk diakses. Namun, itu semua tergantung bagaimana menggunakan dan memanfaatkannya. Pada dasarnya, teknologi adalah alat bantu positif jika dipergunakan untuk benar, termasuk dalam mendukung pembelajaran bagi anak. Tak perlu ada ketakutan selama ada pembatasan dan pengawasan dari orang dewasa.

Bila digunakan secara cerdas untuk proses pembelajaran, teknologi akan memberikan dampak yang baik bagi anak. Diantaranya, yaitu:
Dapat meningkatkan keterampilan belajar.
Dapat merangsang kecerdasan anak.
Menstimulasi kreativitas dan imajinasi.
Meningkatkan perkembangan kepribadian.
Bisa menggembangkan berbagai aspek perkembangan anak, yaitu kognitif, bahasa, psikomotorik, seni, dan kreatifitas.
Mempertinggi kecerdasan, keterampilan non-verbal, keterampilan verbal, pengetahuan struktural, kecekatan tangan, ingatan jangka panjang, penyelesaian masalah abstraksi, keterampilan konseptual, dan juga harga diri.

Nilai-nilai keterampilan tersebut akan dimiliki oleh anak kelak bila mendapatkan pengajaran yang tepat melalui pengenalan. Agar sesuai tujuan, ada yang perlu diperhatikan dalam memperkenalkan teknologi terhadap anak usia dini, yaitu: teknologi yang diperkenalakan haruslah sesuai dengan usia anak, keterampilannya, pastikan diberikan arahan yang tepat, serta harus sejalan dengan minat dan kebutuhan anak.

Jangan sampai anak-anak difasilitasi smartphone, namun tidak diberikan pengenalan serta pengawasan yang tepat. Apa lagi bila internet digunakan untuk mengakses situs-situs tidak penting dan berbahaya. Orangtua yang sembarangan melakukan hal tersebut sama saja dengan menjerumuskan sang anak sendiri.

Seperti yang banyak terjadi di lingkungan saya. Anak-anak menonton video di Youtube dan bermain game sepanjang hari, bahkan ada yang marah atau menangis jika handphone-nya diminta. Tanpa adanya arahan dari orang dewasa, mereka hanya akan menggunakan aplikasi hiburan yang membuang waktu, tanpa mengenal manfaat positif lainnya dari smartphone yang mereka miliki.

Agar tidak terjerumus pada dampak buruknya, sangat penting membekali anak dengan pengetahuan yang tepat. Terutama bila kita ingin anak-anak memililiki kemampuan dalam bidang teknologi.


Cara Membekali Diri dengan Skill Yang Mumpuni dalam Bidang Teknologi


Ini dia nih yang paling penting. Setidaknya, agar generasi muda dapat mengenal dan menggunakan teknologi dengan baik, kita perlu membekali mereka dengan pengetahuan dan kemampuan. Anak-anak bisa bergabung dengan Kursus Pemrograman Komputer. DUMET School adalah tempat kursus komputer yang mengajarkan banyak program terutama tentang website, ilmu digital marketing, maupun desain grafis. Selain berguna untuk kebutuhan sokolah yang serba online, keahlian yang di dapat dari DUMET School kelak bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan.


Apa Itu Dumet School?


DUMET School merupakan lembaga kursus komputer yang memiliki banyak keuntungan bagi trainee-nya. Para anggota yang ikut kursus akan diarahkan menjadi ahli dan memiliki skill yang mumpuni dalam penggunaan komputer sesuai dengan minat dan bakat. Pilihan program belajar yang dimiliki pun beragam, yaitu:
  • Web master
  • Web programming
  • Digital marketing
  • Graphic design

Fasilitasnya juga lengkap sehingga dapat belajar secara nyaman dan pastinya dibimbing oleh para tutor yang profesional dan kompeten di bidangnya. Bahkan DUMET School pernah dikunjungi tim UseeTV untuk meliput tempat kursus tersebut mengenai kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan.


DUMET School punya kursus pemrograman komputer khusus untuk anak usia 6 hingga 12 tahun. Jadi, pembelajarannya akan di sesuaikan dengan umur dan kemampuan masing-masing anak. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah orang tua untuk mengenalkan anaknya dengan teknologi melalui cara yang tepat. Info lengkapnya silahkan klik web berikut:
https://www.dumetschool.com/coding-for-kids

Dunia semakin canggih. Kita pun jangan sampai ketinggalan akan kemajuan zaman. Memperkenalkan anak sejak usia dini dengan teknologi akan sangat bermanfaat bagi masa depannya nanti. Apalagi, bila kita sebagai orang dewasa dapat mengarahkannya secara tepat, maka anak bisa memiliki kompetensi yang bagus pula. Mari membekali buah hati agar siap menghadapi dunia digital dengan cara ikut gabung di DUMET School,tempatnya kursus komputer yang berkualitas dan professional.


#lombablogdumet

10 comments:

  1. Sekarang era digital penting bgt anak buat punya soft skill khusus dibidang art seni design.. wkt saya kuliah dulu di luar kuliah ekonomi saya jg sempet2in ambil diploma 1 thn design grafis biar punya bekal lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Penting karena hampir semua aspek kehidupan sekarang tidak lepas dengan dunia digital. Apapun pakai internet sehingga jika tidak ikut perkembangan, maka kita sendiri yang akan rugi. Contohnya pekerjaan apapun sudah pakai komputer. Untung banget ya kak Riza sudah pernah belajar design grafis. Sekarang ilmunya pasti berguna banget.

      Delete
  2. Wah keren ini, benar setuju sama kak Riza,zaman sekarang menurutku pendidikan kudu didukung dengan teknologi. mengingat sekarang serba teknologi maka manusia harus upgrade ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi teknologi pun selalu berkembang tiap waktunya. Jadi kita tetap harus selalu upgrade agar tidak kesulitan mengerjakan apapun yang serba digital.

      Delete
  3. Betul banget, pengenalan anak-anak terhadap teknologi itu perlu banget, biar bisa melek teknologi dan gak kebablasan dengan konten negatif, karena orang tua bisa menyaring mana yang baik dan tidak untuk anak. Jadi orang tuanya juga perlu melek teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat mas. Memang perlu banget. Baik orang tua atau anak supaya bisa menggunakan teknologi dengan maksimal. Lebih bagus lagi jika belajar langsung dari sang ahli sehingga anak nantinya bisa bakat di bidang tersebut.

      Delete
  4. Wah emang teknologi perananya banyak banget ya.. apalagi untuk masa depan anak...harus dimulai sejak dini ya ngenalin anak teknologi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yipp. kadang ada orang tua yang menyepelekan hal tersebut, menganggap bahwa pengenalan tidak perlu. Toh teknologi sangat mudah dipelajari bagi anak. Namun tanpa adanya pengarahan, anak belum mampu memanfaatkannya dengan tepat. Peran orang tua untuk mengenalkan entah melalui diri mereka sendiri ataupun lembaga kursus seperti DUMET School ini amat diperlukan sehingga pemanfaatan teknologi lebih terarah.

      Delete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools