Daftar Tempat Liburan Menarik pada 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung yang Harus Kalian Coba Kunjungi - Reezumiku

Tuesday, December 4, 2018

Daftar Tempat Liburan Menarik pada 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung yang Harus Kalian Coba Kunjungi


Daftar Tempat Liburan Menarik pada 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung yang Harus Kalian Coba Kunjungi

Tulungagung, kabupaten yang berada di wilayah selatan provinsi Jawa Timur ini menawarkan berbagai potensi wisata. Terdapat beragam tempat menarik di sini yang tak kalah bagusnya dengan wisata yang ada di kota-kota lainnya. Wisata alam, pantai, isata air terjun, candi, budaya, hingga wisata kuliner dapat kita coba nikmati. Semuanya tersebar di 19 kecamatan.

Bagi kalian yang hobi travelling, jalan-jalan menyusuri tempat-tempat baru untuk melihat keindahan, serta mencari pengalaman wisata yang seru, silakan mencoba berbagai Wisata di Tulungagung berikut ini:


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Besuki


Pantai Popoh
Pantai ini sudah lama terkenal dan mencari Trademark wisata yang ada di Tulungagung. Sebagai salah satu objek wisata andalan, di kawasan ini sering diadakan berbagai acara besar, baik itu acara musik ataupun budaya pada waktu tertentu. Pantainya terletak di Desa Besole. Jarak pantai ini dari pusat kota sekitar 33 km. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam (tergantung kecepatan kendaraannya) untuk sampai disana. Harga tiket masuknya adalah Rp. 5.000 per orang. Kawasan wisatanya menyuguhkan keindahan alam pantai yang khas dan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. bahkan, ada tempat pelelangan ikannya juga lho disini. Selain berwisata pantai kita juga bisa berwisata kuliner.

Pantai coro
Letak kawasan pantainya tak jauh dengan pantai popoh. Jadi, tiket masuknya sudah termasuk dalam tiket yang kita bayarkan di pos penjagaan sebelum masuk ke kawasan Popoh. Menuju kawasan pantainya dibutuhkan tenaga ekstra, sebab kita harus melewati tegalan penduduk untuk mencapai bibir pantainya. Tapi, perjalanan jauh yang kita rasakan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang nampak di depan mata kita. Karena disini tak ada fasilitas pendukung wisatanya, jadi sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri. Namun,jangan lupa bawa sampahnya kembali.

Bukit Banyu Mulok
Lokasinya bisa dikatakan diatasnya Pantai Coro. Bukit ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Kita bisa mengunjungi tempat ini melalui jalan dari Pantai Coro.

Pantai Sidem
Pantai ini terletak di Desa Besole. Akses menuju kawasannya terbilang cukup mudah. Di sekitar pantai ini banyak rumah penduduk. Jadi, disini tersedia faislitas yang cukup lengkap, seperti warung makan, mushola, dan toilet.

Pantai Gemah dan Pantai Bayem
Ini nich objek wisata yang saat ini sedang hits di Tulungagung. Letak kedua pantai ini sangat berdekatan. Lokasinya berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Dengan hanya membayar Rp. 5.000 + Rp. 500 untuk asuransi per orang pada hari senin-jum’at atau Rp. 8.000 pada week end ataupun hari libur, kita bisa mengunjungi kedua lokasi wisata ini. Disini fasilitas penunjang wisatanya terbilang lengkap. Selain kita bisa menikmati keindahan pantainya, jalan-jalan di pantai pasir putih, berfoto-foto, kita juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia dan berwisata kuliner.

Pantai Klathak
Lokasi pantai ini juga terletak di Desa Keboireng, tak jauh dari pantai Gemah. Masuk ke kawasan pantainya tidak diharga tiket masuk. Disini juga telah tersedia warung-warung makan, mushola, dan juga toilet.

Pantai Dadap
Lokasinya juga berada di Desa Besole dan satu arah dengan pantai Popoh. Sehingga, untuk kesini tak perlu membayar tiket masuk lagi. Menuju kawasan pantainya memang cukup sulit bila dibandingkan ke pantai Popoh, namun keindahan alamnya menawarkan sesuatu hal yang berbeda yang sangat sayang untuk kita lewatkan. Disini kita tidak bisa bermain air karena ombak pantainya sangat besar dengan angin yang kencang.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Boyolangu


Daerah kecamatan Boyolangu ini menawarkan wisata candi peninggalan jaman Majapahit tempo dulu. Objek wisatanya, yaitu:

Candi Gayatri
Letaknya di Dusun Boyolangu, Desa Boyolangu. Disini kita bisa menyusuri sisa-sisa peninggalan sejarah masa lampau, serta menikmati suasana sekitarnya yang sejuk.

Candi Dadi
Letaknya di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul. Candi yang terbuat dari batuan andesit ini berada di atas bukit. Bentuk candinya sangat unik.

Candi Sanggrahan
Nama lain dari candi ini adalah Candi Cungkup. Letaknya di Desa Sanggrahan. Selain candi, disini kita bisa melihat dan belajar banyak peninggalan sejarah masa lampau lainnya.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Campurdarat


Gunung Budheg
Wisata alam ini berada di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat. Tiket masuk kawasan wisatanya adalah Rp. 5.000 per orangnya. Gunung dengan ketinggian 585 mdpl ini menawarkan keindahan panorama kota Tulungagung yang bisa kita lihat secara 360 derajat saat kita sudah berada di atas puncaknya. Berbagai sarana dan fasilitas wisata juga sudah tersedia disini, seperti gardu pandang, area berkemah, mushola, toilet, warung makan, tempat parkir yang memadai, dan lain sebagainya.

Air Terjun Coban Kromo
Letaknya di Desa Pelem, Campurdarat. Tiket masuk ke kawasannya hanya Rp. 5.000 per orang. Hal menarik yang ada di kawasan wisata ini adalah kita bisa bermain air dan berendam di bawah air terjunnya. Selain itu, kita juga dapat berfoto-foto di pemandanganalamnya yang indah serta melihat kota Tulungagung dari ketinggian.

Gunung Pegat
Lokasinya berada di Desa Sawo. Disini kita bisa berolahraga ekstrem panjat tebing. Pemandangannya pun juga tak kalah indahnya.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Gondang


Objek wisata di daerah ini yang terkenal adalah Kampung Susu Dynasti. Ini merupakan tempat wisata edukasi yang beralamatkan di Desa sidem, Gondang. Disini ditawarkan dua harga tiket, yaitu Rp. 30.000 per orang untuk menikmati wisata peternakan, edukasi, dan kulinernya. Serta, Rp. 50.000 per orang untuk dapat belajar dan juga menikmati keseluruhan fasilitas yang ada.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Kalidawir


Pantai sine
Lokasi pantainya di Dusun Sine, Desa Kalibatur. Tiket masuk kesini hanya dipatok dengan hargaRp. 5.000 per orang. Fasilitas yang tersedia di pantai ini untuk para wisatawannya pun sudah cukup lengkap. Selain berwisata pantai, mencoba berbagai wahana yang tersedia, kita juga bisa berwisata kuliner di warung-warung sekitarnya yang menawarkan menu-menu seafood yang lezat.

Cemara Sewu
Letaknya bersebelahan dnegan pantai Sine. Tiket parkir disini Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Seperti namanya, disini terdapat pepohonan cemara di sepanjang alur pinggir pantainya.

Pantai Dlodo
Letaknya di Rejosari, Kalidawir. Merupakan pantai yang luas dengan keunikan gundukan bukit pasir yang menambah daya tariknya. Menuju pantainya pun kita juga dihadapkan dengan keindahan pemandangan deretan pepohonan kelapa. Masuk ke kawasannya tidak dikenai tiket masuk, hanya perlu membayarkan tiket parkir. Disini telah tersedia fasilitas warung dan toilet.

Telaga Ngambal
Lokasinya di Desa winong, Kalidawir. Selain berfoto-foto, kita juga bisa melakukan aktivitas memancing. Pemandangannya indah dan udaranya segar. Memasuki kawasannya tidak dikenai tiket masuk. Biaya parkir hanya Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk roda empat.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Kauman


Wisata Edukasi Kampung Tani Tulungagung
Lokasinya beralamatkan di Desa Karanganom. Disini kita bisa belajar bertani dan memetik buah secara langsung. Tersedia fasilitas wisata lainnya, seperti outbond, flying fox, jembatan goyang, dan lain-lain.

Dokar Dreamland
Letaknya juga berada di Desa Karanganom. Disini ada rumah hobbit yang bisa dijadikan spot foto yang menarik,serta wahana-wahana lainnya. Tiket masuk Rp. 10.000 per orang.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Kedungwaru

Objek wisata di daerah ini yang terkenal adalah Taman bunga soka. Memasuki kawasan tamannya gratis. Disini banyak spot menarik yang bisa dijadikan background untuk berfoto-foto. Selain itu, ada pula Huko (Hutan Kota).Kawasan ini merupakan kawasan konversasi yang mana bisa pula dijadikan sebagai tempat wisata gratis bagi masyarakat. Ada beragam wahana permainan yang ada disini. Lapangannya pun juga cukup luas untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Ngunut

Di daerah ini memiliki salah satu objek wisata yang menarik, yaitu Nirwana Colouring Night. Lokasinya di Jln. Demuk no. 117. biaya masuknya gratis. Kita bisa menikmati keindahan wisatanya pada pukul 17.00 hingga 22.00.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Pagerwojo


Waduk wonorejo
Alamatnya di Desa Wonorejo. Masuk ke kawasannya gratis. Kita hanya perlu membayar biaya parkir. Disini terdapat area memancing, taman bermain, penginapan, warung-warung, serta sarana yang lainnya.

Ranu Gumbolo
Letaknya tak jauh dari Waduk wonorejo. Tempat ini mulai dibuka secara umum untuk menjadi tempat wisata semenjak tahun 2016 lalu. Tiket masuk hari-hari biasa tarifnya Rp. 5.000, sedangkan pada hari libur menjadi Rp. 8.000. untuk parkir sepeda motor tarifnya Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil Rp. 5.000. fasilitas-fasilitas yang tersedia disni cukup lengkap dnegan pilihan wahan yang bis akita coba mainkan.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Pucanglaban

Objek wisata yang terkenal di daerah ini adalah wisata pantainya. Memasuki kawasan kecamatannya, kita akan mendapati pos penjagaan yang mana kita perlu membayar Rp. 5.000 per orang untuk bisa berwisata ke pantai-pantainya. Selanjutnya, kita tidak perlu membayar tiket masuk lagi, sebab sebagian besar pantai yang berada di daerah ini terbilang jauh dan cukup menantang. Pantai-pantainya, yaitu:

Pantai Molang
Pantai ini cukup terbilang sepi. Meskipun begitu, menawarkan keindahan pantai yang membuat kita berdecak kagum. Hamparan pasir putih dengan air laut biru jernih dan langitnya yang indah sungguh menenangkan hati.

Pantai Lumbung
Pantai ini memiliki icon batu karangnya yang besar yang menjadi daya tariknya. Menuju pantainya kita harus menuruni bukit dengan jalan yang curam. Namun keindahan pantainya saat kita menjejakan kaki diatasnya sungguh luar biasa.

Kedung Tumpang
Tempat ini ini tidak memiliki pasir karena bukan pantai. Namun letaknya di tepi laut selatan. Terdapat batuan dan tebing karang unik dengan pemandangan lubang-lubang karangnya yang menciptakan laguna yang sangat indah. Namun, bila kesini perlu berhati-hati, sebab ombaknya sangatlah tinggi.

Pantai Pacar
Lokasinya sebelah barat pantai Molang. yang menarik disini terdapat air terjun kecil si pantainya yang berpasir putih.

Pantai Pucang Sawit
Pantai dengan karang-karang unik, namun diperlukan perjuangan yang besar untuk mencapainya. Sebab, menuju pantainya kita harus menyusuri lereng yang curam dengan jaraknya yang jauh. Sekitar 40an menit berjalan kaki.

Pantai Nglinci
Pantai ini letaknya di sebelah pantai Lumbung. Salah satu pantai tersembunyi dengan pemandangan alam yang sungguh indah. Berada disini bagaikan di pulau pribadi yang sunyi dan sangat menawan.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Rejotangan


Air Terjun Alas Kandung
Alamatnya di Desa Tanen. Salah satu objek wisata baru di Tulungagung. Pemandangan alam sekitar air terjunnya asri. Kita bisa bermain air dan berenang di bawah airnya. Tidak ada tiket masuk. Kita hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 3.000 per motor.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Sendang


Tugu Durian Park
Alamatnya di Desa Tugu. Tiket masuknya rp. 15.000 per orang. Fasilitas yang tersedia, taman bunga, kolam renang, serta berbgai food court dengan pilihan menu makanan yang khas.

Air Terjun Pandang Wangi
Alamatnya di Desa Ngelurup. Air terjunnya memiliki ketinggian 30 meter. Suasana alamnya sangat menyejukkan dan menyenangkan.

Candi Penampilan di Bukit Penampihan
Alamatnya di Dusun turi, Desa Geger. Lokasinya berada di perkebunan teh. Pemandnagan disini indah untuk background berfoto yang sangat instagramable.
Air Terjun Jurang Senggani
Tempatnya berada di lereng Gunung Wilis, daerah Sendang. air terjunnya berada di ketinggian 1.200 mdpl. Kawasannya masih sangat alami.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Sumbergempol


Splash Waterpark
Letaknya di Desa Bendilwungu, Sumbergempol. Tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Fasilitas wisatanya lengkap dengan wahana permainan air, seperti kolam renang, akuarium besar, taman bermain, food court, dan lain-lain.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Tanggunggunung


Pantai Ngalur
Leatknya di dusun Ngelo, Desa Jelungharjo, Tanggunggunung. kawasn pantainya berpasir putih dnegan pemandangan indah yang masih sangat alami.

Pantai Sanggar
Lokasinya di Desa Jelungharjo, dekat dengan pantai Ngalur. Pantainya indah dan asri meskipun diperlukan usaha yang berat untuk mencapainya karena sulitnya medan yang harus ditempuh.

Pantai Brumbun
Letaknya di Desa Ngrejo. Daerah sekitar pantainya merupakan desa nelayan sehingga di pinggir pantainya bisa kita temui berbagai aktivitas nelayan dengan perahu-perahunya. Memasuki kawasannya tidak dihargai tiket masuk.

Pantai Sawahan Ombo
Letaknya dekat dengan Pantai Brumbun. Namun, dari Brumbun kita harus meneruskan perjalanan menyusuri perbukitan dan jalan setapak menuju pantainya. Pantainya tidak luas namun memiliki pemandangan yang khas. Ombaknya terbilang cukup tenang. Kita bisa berenang-renang dan bermain air di pantainya.

Pantai Sioro
Letaknya di Dusun Kuning, Desa Ngrejo. Termasuk pantai yang masih sepi pengunjung karena medannya yang sulit di tempuh. Namun, pemandangan alam yang tersaji sangat patut untuk diperjuangkan dilihat.

Pantai Pathok Gebang
Medan menuju pantainya terbilang sulit. Kita perlu berjalan kaki menyusuri bukit untuk mencapai bibir pantainya. Kawasan ini tidak dihargai tiket masuk. Pemandangan alamnya sangat indah dengan keunikan tebing-tebing karang yang besar.

Pantai Gerangan
Letaknya berdekatan dengan pantai Brumbun. Pantai ini menawarkan pesona pasir pantai perpaduan putih dan hitam dengan pemandangan yang asri.


Wisata Tulungagung yang ada di kecamatan Tulungagung


Alun-alun tulungagung
Salah satu tempat wisata favorit masyarakat. Disini masuknya gratis. Hanya perlu membayar parkir seharga Rp. 2.000. Selain bisa bermain di wahan outbond, kita juga bisa refleksi kaki, bersepatu roda, atau sekedar jalan-jalan.

Jambooland waterpark
Lokasinya di Jln. Raya Srabah No. 1 Desa Karanganom, Kecamatan Tulungagung. Dahulu tempat ini namanyaSrabah. Disini menawarkan wisata air dengan berbagai wahana dan fasilitas wisata yang lengkap. Tiket masuknya Rp. 35.000 per orang. Bukanya mulai jam 08.00 pagi hingga 17.00 petang.

Taman Kali Ngrowo
Letaknya di Panggungrejo, daerah Sembung. Taman ini buka 24 jam. Biaya parkir hanya Rp. 2.000. Di sekitar tamannya banyak warung-warung ataupun café yang menawarkan berbagai menu yang bisa kita nikmati sambil memandang keindahan di pinggir “kali”. Disini juga terdapat taman bermain, gazebo, lintasan skateboard, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah berbagai objek wisata yang ada di Tulungagung. Kira-kira bagaimana? Indah-indah dan menarik bukan tempat wisatanya? Dimana sajakah kalian pernah datangi? Yuk, berbagi pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools