6 Langkah Jitu Wujudkan Resolusi 2019, Siap-Siap #GantiStatus nih - Reezumiku

Friday, January 11, 2019

6 Langkah Jitu Wujudkan Resolusi 2019, Siap-Siap #GantiStatus nih


Saat bicara tentang Resolusi tahun baru, saya selalu teringat dengan target-target tahun sebelumnya yang belum tercapai. Ada beberapa hal yang telah saya usahakan dengan maksimal, namun takdir berkehendak lain dan menunda harapan tersebut.

Ya, menunda, saya lebih suka menyebutnya resolusi yang tertunda. Itu berarti masih akan ada kesempatan lain hingga harapan-harapan tadi terwujud. Manusia memang hanya bisa berencana serta berusaha maksimal. Namun hanya ada satu faktor mutlak sebuah kesuksesan yaitu berserah diri -  percaya bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah.

Tahun 2019 adalah masa-masa yang kritis. Semacam berdiri di tepi jurang dengan segerombolan singa mengejar dari belakang. Yup, bagi kamu para singlelillah yang lahir di awal sembilan puluhan, pasti mengerti perasaan ini. Sudah saatnya #GantiStatus, xixixi... Dan semua itu semakin bertambah kronis ketika banyak orang luar memberi tekanan hebat.

Ah, kadang terbersit kata menyerah dan berhenti berharap. Namun saya disihir oleh mantra ajaib “Man Jadda Wa Jadda”, yang kemudian terkuatkan dengan adanya RESOLUSI. Tahun 2019 ini saya benar-benar ingin mengalokasikan banyak waktu untuk mewujudkan yang satu ini: #GantiStatus. InsyaAllah dengan cara yang benar dan diridhoi Allah, sebab tujuan utama saya ialah menggapai surga bersama partner halal. Amin...

“Apa sih gunanya resolusi?”

Resolusi bagi saya bukan hanya sebuah target yang disusun pada awal tahun baru. Setiap hari sudah ada list kegiatan, impian, ataupun harapan yang terjadwal – ibarat ‘qarin’ yang selalu mengekor kemanapun dan kapanpun saya pergi.

“Ngapain sih harus pakai resolusi? Hidup ya selow~ aja napa, nggak perlu ribet mimpi-mimpi yang nggak pasti gitu. Ntar kalau nggak kesampaian malah frustasi.”

Tujuan dari resolusi adalah sebagai pemicu, pemacu serta parameter untuk diri sendiri agar menjadi pribadi yang semakin baik. Semua tergantung kamu, iya KAMU, mau hidup biasa-biasa saja, datar, membosankan, atau sebaliknya yaitu hari penuh semangat dan harapan.


Membuat Resolusi tidak semudah membuat daftar impian. Karena resolusi perlu diwujudkan – realisasikan. Untuk itu, ada beberapa langkah jitu melecut diri untuk menggapai semua Resolusi di tahun 2019 ini sekaligus mengatasi rasa frustasi.

Resolusi akan segera menguap jika hanya disimpan dalam angan. Saya selalu menuliskan resolusi harian maupun resolusi awal tahun dalam catatan-catatan yang sering saya lihat. Misalnya di dalam stcky note laptop, buku harian, bussines book, hingga wallpaper handphone. Dengan melihat daftar tersebut, saya yang pelupa dan sering lalai ini akan terus diingatkan saat sengaja atau tak sengaja membacanya.
Ada dua faktor yang menentukan urutan daftar resolusi saya. Pertama adalah sesuatu yang sangat saya inginkan/butuhkan, kedua ialah kemungkinan terwujud yang paling besar. Misalnya, tahun 2019 ini ingin punya laptop baru untuk menunjang kegiatan menulis. Saya sangat memerlukannya karena laptop yang sekarang mulai sering rewel (faktor pertama: butuh). Namun perkiraan tabungan baru akan mencukupi di pertengahan tahun (faktor kedua: tabungan belum cukup). Jadi, membeli laptop bisa masuk list ke 4 atau 5 Resolusi 2019.
Deadline bisa menjadi musuh besar sebagian orang yang tidak melakukan suatu hal sepenuh hati. Namun dalam membuat resolusi, kita pasti mencurahkan segalanya denga tulus  kerena di situ terdapat impian-impian yang sangat kita harapkan. Untuk itulah, bagi kamu yang siap untuk hidup lebih baik, deadline bisa menjadi teman yang selalu mengobarkan semangat demi mewujutkan Resolusi 2019.
Hei… Satu tahun itu ada 365 hari lho. Waktu yang amat panjang buat menghabiskan ribuan episode drama korea atau naik level 100 di game Alhambra… #Eh. Ya itulah panjangnya musim dalam satu tahun. Masa’ waktu segitu panjangnya cuma bikin 10 atau 20 keinginan saja. Maksimalkan kehidupan yang diberikan Allah dengan melakukan banyak hal baik, meskipun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Tuliskah semuanya, mulai dari hal-hal kecil hingga besar, keinginan dalam bentuk materi maupun batiniah. Sebanyak yang kamu inginkan dan sebanyak yang mungkin kamu dapatkan. Karena hal terbaik dalam membuat resolusi adalah ketika satu-persatu list didalamnya tercoret alias berhasil menjadi kenyataan. Semoga semua Resolusi 2019 kita nanti membuat kita tersenyum di akhir tahun ya.
Ada kalanya semangat turun naik jika tidak di charge. Apalagi kalau lagi ada banyak tugas sekolah, kerjaan, urusan rumah tangga atau kesibukkan lainnya. Kadang lelah, capek, males, dan seribu alasan lain yang melalaikan diri. Untuk itulah kita butuh petuah, sentilah, bahkan makian agar bangkit dari semua masalah yang menggerogoti kesuksesan itu. Tambahkan Quote, Kata Motivasi maupun alasan kuat yang mendukung untuk mencapai resolusi 2019 tersebut.

Salah satu kata motivasi yang masih ampuh menyindir hingga mengoyak batin saya adalah:

“SUKSES TIDAK AKAN MENGHAMPIRI ORANG MALAS.”
‘Simple, but maknanya sangat dalam bagi saya. Semua orang punya waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Semuanya tanpa terkecuali. Ada yang bisa dapat duit 15 juta sehari ada yang 15 ribu saja. Ada yang bisa nulis 10 artikel  sehari ada yang Cuma 1 saja. Ada yang hafal 1 juz sehari ada yang 1 ayat saja. Heiiii…. Baik yang 15 juta atau 15 ribu, baik yang 10 artikel atau 1 artikel, baik yang 1 juz atau 1 ayat, mereka semua punya waktu yang sama yaitu 24 jam sehari.
Nah, mau kamu apakan 24 jam itu???? Mau jadi yang 15 juta sehari atau 15 ribu sehari??? KENDALIKAN MALASMU. Capek, lelah, nggak ada waktu, semuanya hanya alibi dari RASA MALAS."

Kalimat panjang itulah yang selalu saya katakan pada diri sendiri ketika rasa malas mulai menyerang. Semua itu harus segera ditangkis sebulum makin melenakan hati.

Yes, sekarang tips terakhir dan terpenting…
Berdoa adalah salah satu bentuk ihtiar paling sulit. Yapp siapa bilang berdoa itu mudah?! Kalau Cuma sekedar bilang, “Ya Alloh aku pengen kurus.” Semua orang bisa melakukannya dan pastinya semua orang akan sukses, nggak ada yang gagal. Sebab, makna sesungguhnya berdoa itu lebih dari sekedar meminta atau berharap.

Misalnya gini, kamu pengen haji tahun ini. Nabung sudah, ‘mengucap doa sudah’, eh tapi perilaku sehari-hari masih belum mencerminkan seseorang yang pengen haji, masih menggunjing, menyebar gossip, suka merendahkan orang lain. Nah, hal-hal macam inilah yang akan menyebabkan DOA terhalang dikabulkan. So, berdoalah dengan sungguh-sungguh. Ikhlas karena Allah. Dan wujutkan doa tersebut dalam perilaku sehari-hari.

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga saya pada tahap menyusun Resolusi 2019. Daftarnya sih panjang banget, tapi ada beberapa yang diprioritaskan, antara lain:

Oh iya, Top Three lomba menulis blog DUMET School dan belajar design graphic juga masuk daftar Resolusi 2019 saya loh. Hm, soalnya tahun kemarin sudah 4 kali gagal ikut lomba, tapi saya tidak mau menyerah sekarang.

Saya juga nggak mau ketinggalan semua program dari DUMET SCHOOL. Sebab, Dumet School ini merupakan tempat kursus IT di Jakarta yang keren banget. Ada program Design Grapic-nya lagi. Uwah~ pengen banget bisa edit-edit gambar, bikin logo sendiri, brosur dan lainnya.

Ribuan murid DUMET SCHOOL telah membuktikan berbagai keuntungan yang mereka dapat selama kursus. Mulai dari pelajar, dosen, mahasiswa, staff profesional maupun pemilik bisnis menjadi terampil dan cakap di bidang yang mereka geluti. Lihat nih beberapa hal menarik yang tak akan didapat dari tempat kursus lain: 

InsaAllah, semoga apa yang menjadi keinginan kita bisa terwujud ya. Semoga list RESOLUSI 2019 semuanya tercoret akhir tahun nanti. Amin!!! Semangat!!!




021-2941-1188
info@dumetschool.com

3 comments:

  1. Yup.. kesuksesan tidak menghampiri orang-orang malas...

    Semoga tercapai resolusi njenengan Mbak. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Terimakasih doanya. Semoga resolusi 2019 kamu juga terwujud

      Delete
  2. semoga resolusinya tercapai ya mbak di 2019 hehehe
    oia salam kneal yaa

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools