Pendidikan Luar Sekolah Menjawab Kebutuhan Ilmu Digital di Era Milenial - Reezumiku

Monday, February 25, 2019

Pendidikan Luar Sekolah Menjawab Kebutuhan Ilmu Digital di Era Milenial


Ilmu pengetahuan kini kian berkembang. Tidak seperti dulu, dimana belajar di sekolah saja sudah cukup. Sekarang, setiap orang dituntut untuk menguasai banyak hal serta harus terus belajar jika tidak mau gagal dalam persaingan sehat. Solusi untuk mengejar semua hal itu adalah melalui jam tambahan di luar sekolah. Pendidikan luar sekolah sangat dibutuhkan untuk memenuhi  pendidikan anak dan rasa ingin tahu mereka, serta demi memaksimalkan potensi yang sesuai dengan minat dan bakatnya.



Apakah Pendidikan Luar Sekolah Perlu?

 
https://i.pinimg.com/originals/ec/04/21/ec0421f00e5e94efee38d67b6c0effeb.jpg
Pendidikan luar sekolah adalah bentuk pembelajaran yang dirancang untuk siapapun yang ingin mempunyai jenis ketrampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal. Les, kursus, pelatihan, kejar paket merupakan jenis-jenis pendidikan luar sekolah yang umum dikenal masyarakat

Les maupun kursus sudah dianggap kebutuhan penting lho. Disebut penting karena banyak orangtua sekarang justru mulai aware jika belajar di luar jalur formal memberikan segudang manfaat. Adanya tentor berkualitas menjadikan anak belajar dengan ahlinya. Materi pun tidak terbatas pada sekolah tapi menjangkau masalah umum sehingga memberikan wawasan luas. Ada skill baru yang dimiliki anak yang tidak didapat di rumah maupun sekolah.



Karakteristik Pendidikan Luar Sekolah yang Wajib Kita Ketahui

https://ed.stanford.edu/sites/default/files/news_images/techtips-webpage-forweb.jpg
Hanya karena memandang kursus atau les sebagai kebutuhan, bukan berarti boleh sembarangan masuk ke tempat kursus manapun. Apalagi bagi orang tua yang ingin memberi fasilitas terbaik untuk putra putrinya berupa ilmu yang lebih luas lagi. Kita tetap harus selektif. Kualitas yang baik dan spesifikasi yang jelas dari sebuah tempat kursus harus diketahui dengan pasti.

Pendidikan luar sekolah memiliki 3 karakteristik yaitu sebagai suplemen, pelengkap dan pengganti. Pertama, pendidikan luar sekolah menjadi suplemen dalam pendididikan sekolah artinya ada wawasan baru yang dimiliki. Misalnya, jika dalam materi komputer di sekolah diajarkan program Microsoft Word, dengan tambahan kursus mereka bisa menuasai Microsoft Office bahkan hingga mendesain foto, video atau membuat presentasi.

Sebagai pelengkap yang artinya bahan pendidikan luar sekolah mampu menambal kebutuhan pengetahuan di sekolah. Contohnya, jika guru di kelas memberikan satu cara membuat grafik, dengan kursus kita bisa mendapat beberapa cara serta opsi berbeda dalam membuat grafik yang lebih mudah, lebih cepat, bahkan lebih bervariasi.

Pendidikan luar sekolah dapat menjadi pengganti pendidikan sekolah. Contohnya adalah pelajaran TIK yang dihapuskan dari Kurikulum 2013 SMA. Padahal teknologi informasi semakin berkembang dan semakin banyak dibutuhkan orang. Untuk itulah, kursus komputer dapat menjadi pengganti dari materi yang tak bisa di dapatkan dari sekolah.

Itulah beberapa karakteristik pendidikan luar sekolah yang harus kita pertimbangkan dalam pemilihan lembaga les atau kursus yang sesuai kebutuhan.



Kursus Apa Sih yang Kita Butuhkan Saat Ini?

Di era digital, kemampuan komputer memang masih menjadi prioritas di berbagai pekerjaan. Orang lebih mengutamakan kepraktisan dalam pengolahan data. Kita tidak perlu lagi ribet dengan berbagai data yang kompleks dan membingungkan. Cukup dengan pengaturan file kita akan dapat data yang benar-benar rapi dan teliti.

Bukan hanya di dunia kerja. Kemampuan komputer juga wajib dimiliki oleh semua peserta didik. Hal tersebut mengacu pada program pemerintah yang mewajibkan setiap siswa melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Jadi intinya, komputer ada di mana-mana ya.

Dengan ini, kita harus lebih aware tentang manfaat penggunaan komputer serta kemampuan yang lebih baik di bidang tersebut. Bukan hanya sebagai kemudahan, tapi juga wujud kebutuhan. Skill maksimal dalam pengoperasian komputer hanya bisa didapat melalui kursus.


Video Editing
https://9to5mac.com/wp-content/uploads/sites/6/2017/06/lumafusion-best-ipad-video-editing-app.jpg?quality=82&strip=all
Saat ini, kemampuan video editing perlu dikuasai siswa sekolah karena beberapa tugas yang diberikan guru bisa berupa gambar maupun video. Seperti pelajaran speaking dalam bahasa Inggris yang sekarang diperlihatkan laporannya melalui role play berbentuk video. Tak terkecuali mata pelajaran lain yang juga menanamkan nilai moral maupun ilmu pengetahuan melalui short movie atau rekaman video.

DUMET SCHOOL adalah tempat kursus komputer pilihan terbaik yang akan mengajari kita untuk menggabungkan video atau foto menjadi satu. Mulai dari dasar hingga tingkat professional dengan hasil video yang memuasakan.  Menguasai cara bumper opening video juga bisa menambah kecakapan. Tentunya, semua keahlian yang diperoleh setelah kursus di Dumet School dapat diterapkan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah serta meningkatkan nilainya pula.


Graphic Design
http://mnzg528r6xh20vwyl1wgok91.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2016/01/girl-on-computer.jpg
Selain belajar video editing, graphic design merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki siswa, utamanya bagi mereka yang gemar berorganisasi. Dengan kursus di Dumet School, peserta yang telah menguasai skill desain grafis dapat melaksanakan kepentingan ekstrakurikuler seperti mendesain logo, membuat brosur kegiatan, banner acara, dan lainnya sehingga lebih mudah dan cepat menyelesaikan kebutuhan, serta menghemat anggaran organisasi. Siswa juga dapat berkontribusi lebih maksimal bagi kegiatan sekolah yang diikutinya.


Web Programming
https://ourplanetary.com/wp-content/uploads/2018/03/web-designer-1.jpeg
Dumet school juga memiliki paket Web Programming dimana peserta kursusnya akan diajari membuat website dari dasar hingga ke bagian rumit yang menurut kebanyakan orang sulit. Namun, didampingi tutor yang ahli serta suasana kelas yang nyaman, materi dan praktik di Dumet School terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Jika menguasai web programming, secara tidak langsung kita juga belajar berbagai simbol, tombol, kode, bahasa komputer dan berbagai hal terkait lainnya secara lebih detail. Tentunya akan berdampak pada kemampuan pengoperasian komputer bahkan hingga diluar bidang web programming itu sendiri. Wah.... keren kan?! 


Itulah pentingnya pendidikan di luar sekolah bagi siswa dan demi orang tua yang ingin menunjang pengetahuan, ketrampilan, serta pengalaman yang lebih baik lagi untuk mereka. Kursus Komputer di DUMET SCHOOL merupakan salah satu upaya tepat untuk membekali anak-anak agar lebih kompeten di era milenial.






2 comments:

  1. Yap setuju mba..
    potensi anak bisa dikembangkan di luar sekolah melalui kegiatan-kegiatan yang menunjang, bisa berpengaruh positif juga ke soft skill anak nantinya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... memang pengalaman di luar sekolah jauh memberi dampak signifikan pada anak. Bukan hanya ilmu pengetahuan tapi juga ketrampilannya..

      Delete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools