Ingin Jualan Makin Laris? Pilih Domain yang Tepat Untuk Bisnis! - Reezumiku

Tuesday, September 17, 2019

Ingin Jualan Makin Laris? Pilih Domain yang Tepat Untuk Bisnis!



Mengapa Domain Penting untuk Bisnis? Assalamualaikum, tidak terasa ternyata hampir satu tahun saya sudah bergabung dalam tim marketing FATTAYA NKD, salah satu brand busana muslim ber-omset milyaran per tahun. Sambil mengerjakan content sebagai job description, saya juga belajar banyak, utamanya tentang pentingnya domain untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis.

Seperlu apa sih sampai bisa memberikan untung berkali lipat? Baca sampai habis ya, kalau setengah-setengah nanti menyesal, lho. Di saat kawanmu sukses, kamu tidak mau hanya berjalan di tempat, kan?

 BRANDING

Hal pertama yang membuat saya tertarik pada bisnis adalah penjelasan tentang personal branding ketika saya menghadiri sebuah kelas bisnis tahun lalu. Branding bukan niat menyombongkan diri, namun tanamkan sebagai salah satu ihtiar dalam mencari rezeki,” begitu kata-kata sang pengisi materi waktu itu, yang kini telah menjadi atasan, leader, sekaligus mentor saya.

Branding merupakan kesan apa yang ingin kamu buat dimata market. Dalam hal bisnis, saya ambil contoh misalkan kamu sedang mengembangkan toko secara online berupa pakaian muslim syar’i. Jika mencari di internet, akan muncul puluhan toko sejenis yang menyediakan kebutuhan konsumen tersebut. Di sinilah kekuatan branding dibutuhkan, agar toko kamu punya nilai special dan beda dengan yang lainnya. Contohnya, bukan sekedar pakaian syar'i yang dijual namun juga menampilkan identitas muslim yang taat syariat atau mungkin mengusung tema hijrah di kalangan wanita.

Membangun brand memang tidak mudah. Namun jangan langsung menyerah, apalagi kalau belum mencoba. Percayalah, brand dapat meningkatkan value. Barang yang pada umumnya seharga 50 ribu dipasaran, bisa meningkat dua kali lipat jika brand telah terbangun dan sudah melekat di hati konsumen. Nah, masalahnya sekarang, bagaimana caranya menguatkan branding dalam suatu bisnis?


MEMBANGUN WEBSITE ATAU BLOG

Loh? Marketplace kan sudah cukup buat jualan! Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter kan juga bisa untuk membangun brand bisnis. Kenapa harus membangun website atau blog segala?

Eits, pada dasarnya, sebagian besar medsos memang digunakan untuk berbisnis. Namun perhatikanlah medsos-medsos yang dimiliki pelaku bisnis skala besar deh, pasti ada satu link yang merujuk pada website utama mereka sebagai pusat informasi yang lebih akurat. Di sinilah para pelaku industri mulai ‘menangkap’ calon konsumen dengan tulisan copywriting yang mumpuni.


Situs simplemarketingnow.com pun pernah mempublikasikan sebuah riset dimana sejumlah 400 juta orang membaca sekitar 20 milyar halaman blog/web di setiap bulan. Di sisi lain, setiap bulannya, Google juga mendapat 100 juta pencarian oleh para pengguna internet yang kemudian mengarah pada tulisan-tulisan di web atau blog. Waw! Angka yang fantastis, bukan?

Web atau blog memang media terbaik menguatkan branding karena tidak terbatas jarak maupun waktu. Orang bisa mengakses kapanpun, bahkan dari berbagai belahan dunia manapun. Sampai saat ini, website dan blog masih dianggap sebagai sumber informasi terpercaya sebelum seseorang melakukan transaksi bisnis.

Membangun Website atau Blog untuk kepentingan bisnis pun tak boleh sembarangan. Harus ada persiapan matang supaya untung juga maksimal. Terdapat 4 langkah yang perlu kamu dilakukan, yaitu:



Langkah 1:
Menentukan Niche



Niche merupakan target audience/pembaca dari website atau blog kamu. Niche akan membuat konten-konten lebih terfokus nantinya. Dengan pembahasan yang lebih terstruktur, maka potensi dikenalnya bisnis kamu juga makin besar.

Misalkan rumahweb.com, tidak cocok kan kalau isi kontennya seputar make-up. Makanya, isi websitenya tak jauh-jauh dari domain dan hosting. Nah, kamu harus siapkan Niche lebih dulu yang sesuai dengan bisnis yang akan dikembangkan, entah itu di bidang jasa ataupun barang. Jika memiliki lebih jadi satu produk atau jasa dalam bisnis, maka pisahkan berdasarkan jenisnya agar target audience tidak bercampur-campur yang akan berdampak melemahkan branding itu sendiri.



Langkah 2:
Memilih Domain



Domain dalam bahasa sederhananya adalah sebuah nama yang menjadi identitas di dunia maya. Nama domain dapat digunakan sebagai pengingat nama server tanpa harus mengingat deretan alamat IP yang rumit. Salah satu hal yang penting dalam membangun bisnis adalah memilih nama domain yang tepat.

Tips pertama, jangan menggunakan domain gratisan. Domain gratisan itu seperti tk, .ml, .ga, .cf, .gq, dan lain-lain. Meski labelnya ‘gratis’,  justru banyak kelemahan apalagi bila digunakan untuk bisnis. Domain gratisan biasanya tak sepenuhnya gratis. Ada beberapa yang free di tahun pertama, kemudian domain tiba-tiba hilang tanpa jejak, pun tanpa pemberitahuan. Sebel banget, kan?!

Domain gratisan juga bakal dipenuhi dengan spam-spam yang merugikan. Di mata para user sendiri, terkesan tidak profesional dan kurang keren. Orang-orang milenial kini sudah semakin cerdas, lho, bisa membedakan dan merasakan apakah suatu web atau blog itu terpercaya atau tidak. Salah satunya melalui domain. 

Nah, satu alasan mengapa domain penting untuk bisnis sudah terjawab, ya. Tidak mau, kan, web atau blog yang sudah kamu bangun dianggap abal-abal dan tidak dipercaya?


Domain berbayar sudah dipakai para pelaku bisnis skala besar. Sebab, mereka tau nilai strategis dengan menggunakan domain yang trusted ini. Jangan ragu untuk ikuti jejak suksesnya, meskipun kamu baru membangun bisnis atau bahkan baru belajar. Niatkan dengan sungguh-sungguh, lakukan secara maksimal, dan kelola dengan profesional. Dengan begitu, untung puluhan juta bukan lagi impian.

Untuk urusan bisnis, kamu bisa menggunakan DOMAIN MURAH dengan ekstensi-ekstensi TLD (Top Level Domain) yang populer maupun unik, antara lain:

.com
.co
Biasanya digunakan untuk target pasar seluruh dunia
.co.id

Digunakan untuk target pasar orang Indonesia
.org

Digunakan untuk organisasi
.net

Digunakan untuk forum, komunitas, atau jaringan
.ninja
.online

Digunakan untuk tujuan spesifik tertentu
.pizza
.promo
.eco
.blog

Tips kedua, agar nama domain kamu bagus dan mudah diingat, jangan daftarkan SLD (Second Level Domain) yang terlalu panjang. Pilih yang sesuai nama toko/produk/jasa yang akan kamu jual atau disebut sebagai brandable domain. Menurut saya, melekatkan brand pada domain lebih bagus dibanding menambahkan kata kunci. Misalnya: rumahweb, cukup simple namun sudah mewakili brand yang diusung.

Tips ketiga yaitu mudah diketik, diucapkan, maupun diingat. Ketiga hal tadi dapat memudahkan promosi kepada orang lain, baik secara online maupun offline. Misalnya, mau memberitahu rekan baru nih, “Lagi nyari jam tangan ya? Coba lihat koleksinya waru.com deh, keren-keren dan sering diskon, lho.” Bandingkan kalau namanya rumit seperti vieonaryjampremium, ribet kan menyebutkannya.

Tips keempat, terakhir namun bukan akhir dari tulisan ini, yaitu mendaftarkan domain pada perusahaan yang terpercaya. Jangan sampai merugi karena salah mendaftarakan di tempat yang belum terbukti kredibilitasnya. Tidak mau kehilangan akses domain atau mengalami kendala karena sering error, kan?



Langkah 4:
Menggunakan Hosting Terbaik



Hosting merupakan suatu ruangan (space) di internet yang diperlukan untuk menyimpan segala data dari website ataupun blog. Penyimpanan data ini harus menjadi prioritas apalagi dalam kepentingan bisnis baik skala kecil atau besar.

Dibutuhkan dukungan yang kuat dari IT dengan pusat penyimpanan yang memiliki performa tinggi untuk mengamankan segala data penting. Dengan adanya cloud computing, hal ini lebih memudahkan pengguna serta menghemat biaya. Pemilihan lokasi data center pun juga menentukan faktor kecepatan, keamanan, serta teknologi.

Salah satu perusahaan penyedia domain dan hosting terpercaya yang bisa saya rekomendasikan adalah RUMAHWEB. Tentu tidak asal sebut, sebab saya sendiri sudah membuktikan betapa mudah dan amannya pakai domain dari RumahWeb. Sudah tahun kedua blog pribadi saya (Reezumiku.com) ini menggunakan domain dari perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2002 tersebut. 

Alhamdulillah, setelah tampil dengan domain .com,  selang beberapa bulan traffic viewer saya meningkat, bahkan mulai berdatangan tawaran content placement. Dengan ini sudah terbukti bahwa domain sendiri lebih memiliki nilai di mata perusahaan, pemilik produk, bahkan konsumen itu sendiri.


RUMAHWEB

Sudah tidak diragukan lagi, betapa pentingnya domain untuk perkembangan bisnis kamu. Apalagi di era digital ini, dimana akses informasi sebagian besar berasal dari internet. Ketika calon konsumen mulai mengenal produk atau jasa kamu, maka kesempatan mendapatkan orderan juga lebih besar. Cara promosi seperti ini sangat patut dicoba bagi kamu yang ingin berkembang.

Selain menggunakan domain yang tampil terpercaya, kamu juga bisa sekaligus melindungi data penyimpanan dengan menggunakan HOSTING MURAH dari RumahWeb.

Aktivasi Instan
24x7 Support Oleh “Orang Rumah”
Uptime 99%
Could Powered – Berbasis SSD
Multiple Datacenter (IIX, SG, & US)
ICANN Accredited Registrar yang beroperasi mulai tahun 2002, perusahaan paling tua dan terbesar dibidangnya dengan lebih dari 130ribu domain terdaftar.
Rumahweb telah melalui tahap audit untuk memastikan selalu member layanan terbaik sesuai standard industri yang ditetapkan.
Salah satu Registrar PANDI pada tahun 2012 untuk domain .ID serta menjadi pemimpin pasar di lebih dari 60% market share.


Bagaimana, Sudah Siap Membangun
Website Bisnismu?





Tulisan ini diikutsertakan dalam RUMAHWEB BLOG COMPETITION



33 comments:

  1. Wah cocok nih post nya, karena aku juga rebranding lagi sejak vakum ngeblog 2 tahun lalu.. Perkembangan blogger sekarang pesat banget.. Apalagi bersaing sama vlogger dan konten creator lainnya.. Jadi harus berani berinovasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak memang perlu untuk berinovasi biar brandingnya makin kuat. Semoga lancar terus ngeblognya ya...

      Delete
  2. Wah, pembahasan yang mendalam dan komprehensif mba. Setuju banget kalau domain dan hosting yang baik itu berpengaruh terhadap branding kita di internet. Sukses selalu ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak. Semoga sukses juga buat mbak.

      Delete
  3. Ilmu banget ini mba isi blog nya, aku jadi makin tau hihiy, mksh bngt sharing nya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Barakallah... Terimakasih sudah mampir ke sini.

      Delete
  4. Ketika sudah pindahan ke domain sendiri, viewer naik, ya, Mba? Ada sempat ngalamin turun gitu, enggak? Soalnya kemarin sempat begitu, huhuhu, dan lumayan pula turunnya. Barangkali pernah tahu triknya...atau kayak jasa layanan gitu bisa ikut membantu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aq naik sih mbak. Lebih karena termotivasi buat produktif setelah pakai domain dari rumah web, jadi makin rajin post dan main-main ke blog temen2 gitu hehe.

      Delete
  5. Wah aku juga pake RumahWeb untuk domain blog pribadi aku nih hehe.. waktu itu lagi iseng aja googling trus kebetulan lagi promo jadinya murah trus aku tertarik deh.. ternyata emang profesional ya si RumahWeb ini.. horee aku ga salah pilih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ada banyak promo dari rumah web. Makanya langsung lanjut perpanjang juga aku. hehe.

      Delete
  6. Informatif sekali mba. Kebetulan saya baru mengaktifkan kembali domain yang setelah sekian lama teronggok di pojokan. Hehe. Ternyata ketika kita membranding diri itu kudu niatnya bukan menyombongkan diri, namun tanamkan sebagai salah satu ihtiar dalam mencari rezek. Masyaallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin produktif lagi ya mbak setelah domainnya aktif lagi. Dulu aq khawatir kena penyakit hati waktu ngeblog, sampai akhirnya sempat berhenti. Alhamdulillah, setelah kenal branding jadi lebih berani mengeksplore diri. Ini baik juga sih untuk branding bisnis.

      Delete
  7. Bener Mba penting untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih untuk menggunakan website sebagai salah satu strategi marketing. Apalagi nama. Suka bingung kalau nama susah dihafal haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, urusannya bisnis, jadi harus lebih teliti lagi biar nggak merugi. Senengnya para pelaku bisnis sekarang makin menyadari akan pentingnya domain untuk keperluan marketing...

      Delete
  8. aku jadi teringat blog lamaku yang udah pake domain dan hosting sendiri.. tapi gegara rasa malas menyerang akhirnya terbengkalai dan yasudala kutinggalkan saja huhu.. sekarang bikin blog baru dan masi cari-cari layanan domain+hosting yang tepercaya, bisa jadi ini yang kubutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi Rumah Web, banyak promo juga. Semoga berjodoh dengan hosting dan domain di sana. Hehe... Jazakillah

      Delete
  9. Waah aku pake rumahweb nih. Enak banget so far menurutku. Pernah tepat tapi Masih bisa diperpanjang :'' ngomongin web URL bisnis ternyata penting juga yaa buat branding juga. Pantesanbusaha2 besar pada pake web hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Aq juga nyaman aja sama pelayanannya Rumah Web yang ramah.. Waktu diperpanjang juga cepet banget. Semoga lancar terus segala urusannya...

      Delete
  10. aku aku aku pengguna jasa rumah web! Hehhee.. bener banget yang mbak tulis di point-pointnya. Anyway selama menggunakan rumah web nggak pernah komplain karena emang sebagus dan seprofesional ituh! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbak. Kita sama-an. Memang sangat profesional. Mudah banget apalagi ada informasi2 untuk pemula yang mau pakai domain sendiri. Keren banget lah Rumah Web ini.

      Delete
  11. domain yang tepat bisa memberikan kenyamanan dalam melakukan bisnis jualan makin laris, dan domain aku pakai rumah web lho hehhee pamer, udah 3 tahun ini nih. Alhamdulillah lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Ternyata banyak yang pakai rumah web ya mbak. Ini terbukti kalau domain dan hostingnya memang top sehingga jadi pilihan banyak orang. Semoga lancar terus segala urusannya ya mbak... Jazakillah. Makasih udah baca.

      Delete
  12. Benar ya saat ini usaha sudah serba berbasis digital. UMKM pun diarahkan untuk melek digitalisasi supaya marketing lebih luas. Mengenal domain web ini jadi salah satu dasar nya ya. Terimakasih ulasannya Mbak

    ReplyDelete
  13. Bener banget, nama domain pun jadi branding diri kita sendiri loh. Lagian beli domain nggak mahal2 amat karena yang diperoleh pun bisa menutupinya. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Benarr banget kak. Untuk kita-kita yng berkecimpung di dunia media sosial (blog, intagram, dll), personal branding itu ya speenting itu. Bukan mau pamer, tapi semacam exposure CV/portofolio gitu. Karena zaman sekarang CV/portofolio bukan hanya yang sekadar tulisan data diri+kemampuan dll, tapi juga laman media sosial kita.

    ReplyDelete
  15. Jadi banyak belajar nih aku mbak dari tulisannya, selama ini baru tahu domain untuk blog diri sendiri dan masih biasa aja ngga mikirin bisnis, tapi dunia teknologi seperti ini yang mana perdagangan bebas dan internet semakin luas, bisnis online memang sangat menjanjikan dan butuh domain bisnis yang bagus dan tentunya telah berpengalaman

    ReplyDelete
  16. Selain untuk online shop, tips di atas juga bisa diterapkan untuk blogger ya, Mba. Domain sebaiknya sesuai dengan niche apalagi kalau mau terjun jadi profesional blogger.

    ReplyDelete
  17. Wah ini pembahasan yg aku butuh bgt, berkali2 bikin olshop selalu kebingungan soal marketing nya, soal website nya sampe akhirnya jd males sendiri, tp ternyata semua harus ada ilmunya dulu hehe

    ReplyDelete
  18. aku juga waktu monotize blog ku ini galaunya masya Allah untuk bikin jadi domain. Karena bagaimanapun dengan mengganti domian jadi TLD adalah sebuah ikhtiar blogger ya untuk sebuah branding, dan setuju sih kalo branding ga soal untuk pamer dan meninggikan diri mba hehe

    ReplyDelete
  19. Memilih domain ini penting sekali, apalagi untuk urusan bisnis ya. Sama seperti kita memilih domain untuk blog pribadi kita juga ya mbak. Biasanya kalau beberapa temanku memilih domain yang mudah di ingat dan pastinya juga mencari yang promo. Heheheee...

    ReplyDelete
  20. Hosting ini penting banget sih apalagi kalau webnya self hosted. Kemampuan orang lain mengakses web ya daei kecepatan server ya. Kalau lagi down wah bakalan ga dapat traffic masuk

    ReplyDelete
  21. Tentunya saat usaha memiliki website sendiri akan makin terlihat jika usaha tersebut profesional

    ReplyDelete
  22. Setuju. Kalo mau lebih professional memang sebaiknya pakai domain berbayar ya supaya lebih bisa dipercaya pembeli.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools