Cara Mencegah & Menghilangkan Noda Kuning di Baju, Pasti Bersih Deh! - Reezumiku

Thursday, March 19, 2020

Cara Mencegah & Menghilangkan Noda Kuning di Baju, Pasti Bersih Deh!



Menghilangkan Noda Kuning di Baju

Setuju kan kalau menghilangkan noda kuning dibaju itu susah banget. Apalagi kalau nodanya di baju putih, pasti bikin kesal. Dan sayangnya, banyak orang yang tidak tahu apa sih penyebab noda kuning dan bagaimana treatment yang tepat untuk mengatasi hal itu. Alhasil, bukannya memutihkan baju yang menguning, sering kali kita malah merusak bahan baju.

Pengalaman tersebut aku rasakan sendiri dengan baju putih seragam kantor. Baru 2 bulan dipakai, warnanya jadi kusam. Ketika itu aku masih belum tau solusinya, coba-coba berbagai pemutih tanpa tau kualitasnya. Bahan baju malah jadi rusak dan pakaian nggak nyaman dipakai lagi.

Noda kuning di baju terjadi karena beragam penyebab. Mulai dari cara penyimpan pakaian yang tidak benar seperti ditumpuk dengan pakaian yang masih basah hingga cara perawatan baju yang sembarangan, contohnya tidak membilas pakaian dengan bersih dan kemudian menimbulkan jamur. Penyebab lainnya adalah kualitas air yang asam.

Pemilihan bahan deterjen yang salah pun bisa jadi masalah. Di samping semua itu, penyebab yang paling utama adalah karena keringat. Dan ini hampir menjadi masalah bagi setiap wanita, termasuk saya.


Keringat Penyebab Noda Kuning


Keringat seringkali menumpuk di area-area lipatan kulit, salah satunya ketiak.  Tapi tahukah kamu bahwa warna keringat yang keluar dari tubuh kita sebenarnya adalah bening atau tanpa warna seperti air putih. Lalu kenapa pada bagian ketiak sering muncul noda kuning, ya?

Jawabannya bukan dari keringat itu, namun kebiasaan kita dalam menggunakan deodorant, lho. Tinggal di negara dengan sinar matahari sepanjang hari memang membuat tubuh mudah berkeringat. Pasti bikin tidak nyaman, apalagi kalau keringat yang bercampur bateri menyebabkan bau badan hingga menimbulkan noda kuning pada baju.

Keringat dalam tubuh memiliki kandungan beberapa jenis protein dan mineral, sementara deodoran mengandung aluminium yang berfungsi menekan jumlah keringat. Bahan-bahan tadi yang menyatu akhirnya menyebabkan reaksi kimia dan mengubah struktur keringat menjadi lebih keruh kekuningan.


Cara Mencegah Baju Menguning di Ketiak


Bila ingin mencegah noda kuning di ketiak, hal yang pertama kita lakukan yaitu menghindari deodoran yang mengandung aluminium atau pilih produk yang tidak akan menempel di baju saat dipakai. Kemudian, jangan menggunakan deodoran dengan jumlah banyak, cukup oleskan 2-3 kali saja saat memakainya.

Tips kedua, setelah meggunakan deodoran, tunggu beberapa saat hingga ketiak benar-benar kering sebelum memakai baju. Ketiak yang kering akan menghindarkan deodoran untuk menempel pada pakaian kita.

Cara pencegahan ketiga yaitu dengan menggunakan kaos dalam. Cara ini ampuh buat kamu yang aktif di luar. Dengan memakai kaos dalam, jumlah keringat yang menempel pada pakaian akan berkurang dan ketiakmu jadi lebih kering.

Untuk cara lainnya adalah dengan rutin mencukur bulu ketiak. Sebab, bulu ketiak yang lebat tentu akan menyebabkan produksi keringat akan jauh lebih tinggi dan akibatnya reaksi kimianya juga lebih besar.


Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju


Nah, bila pencegahan sudah dilakukan tapi baju tetap kuning, maka kita harus tau cara mencucinya dengan tepat.  Alhamdulillah, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Rinso Deterjen Cair Anti Noda bisa mengatasi masalah tersebut. Kamu dapat menggunakan berbagai macam metode sesuai bahan kain pakaian untuk menghilangkan noda kuning di baju sampai bersih.

Caranya, gosok bagian noda dengan sedikit Rinso Deterjen Cair Anti Noda menggunakan sikat gigi bekas yang bersih. Biarkan dulu hingga semalaman agar detergen bekerja dengan maksimal. Keesokan harinya, bilas baju lalu cuci dengan mesin cuci seperti biasa. Gunakan sedikit Rinso Deterjen Cair Anti Noda lagi dengan air yang bersuhu 30° Celcius. Jangan lupa menjemur sampai kering di bawah sinar matahari, ya.

Rinso memiliki formula whitening yang mampu membantu memutihkan baju, menjaga warna pakaian, dan mencegah tumbuhnya bakteri. Jika perlu, kombinasikan Rinso dengan bahan lainnya seperti jeruk lemon, asam penetral, maupun bubuk soda kue agar warna kain kembali putih.

Oh iya, bukan hanya untuk masalah noda baju, Rinso bahkan bisa digunakan untuk menghilangkan noda di kasur, baik noda yang disebabkan oleh noda makanan, minuman, ataupun bau bekas ompol anak.  Yang nggak kalah super itu wanginya, bikin suka banget. Saya sudah coba dan hasilnya bikin seragam kantor tetap putih serta wangi.

Gimana nih, apa kamu punya pengalaman yang sama ataupun cerita-cerita menyebalkan tentang sulitnya menghilangkan noda kuning di baju?


Image Source: https://image.freepik.com/free-photo/cute-family-playing-summer-park_1157-19845.jpg
  



No comments:

Post a Comment

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools