Pentingnya Menggunakan Sabun Antiseptik Guna Mencegah Terkena Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri! - Reezumiku

Tuesday, April 21, 2020

Pentingnya Menggunakan Sabun Antiseptik Guna Mencegah Terkena Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri!



Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Apalagi di tengah pandemik seperti saat ini, tak hanya kita harus menjaga tubuh kita dari virus, namun juga dari bakteri. Ada banyak lho penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menurunkan kesehatan dan kekebalan tubuh kita. Kekebalan tubuh yang menurun dan kondisi tubuh yang tidak sehat akan membuat kita gampang sakit. Maka dari itu, kita butuh yang namanya sabun antiseptik yang ampuh untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran membandel yang ada di tubuh.


Manfaat Sabun Antiseptik


Setiap hari kita menjalankan aktivitas sehingga tubuh mengeluarkan keringat. Keringat yang ada pun dapat terpapar dan bercampur dengan debu, tumpukan kulit mati, dan kotoran-kotoran lainnya. Jika tidak segera dibersihkan, maka kuman dan bakteri akan bersarang. Sehingga, pada akhirnya, tubuh menghasilkan bau yang tidak sedap dan kemungkinan muncul penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk mengatasi hal itu, perlu dilakukan upaya perawatan sekaligus pembersihan diri dengan mandi. Mandi memakai air bersih dan sabun dapat membersihkan tubuh. Namun, tidak selamanya kuman, bakteri, dan kotoran akan ikut hilang. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah sabun antiseptik atau sabun antibakteri.

Sabun antiseptik adalah sabun yang memiliki kandungan zat aktif yang ampuh untuk melawan kuman, bakteri, dan kotoran yang membandel, serta bisa memberikan perlindungan menyeluruh pada tubuh sekaligus menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun jamur. Sabun antiseptik biasanya dalam bentuk sabun batangan maupun sabun cair. Tak hanya digunakan pada rumah tangga, namun juga dipakai pula di fasilitas-fasilitas kesehatan, misalnya seperti klinik dan rumah sakit.

Adapun manfaat yang dimiliki oleh sabun antiseptik, yaitu;
Memberi perlindungan maksimal pada kulit dari bakteri dan virus
Mengobati penyakit kulit akibat adanya infeksi jamur, bakteri, dan virus.
Menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh banyaknya virus dan kuman yang ada di kulit, perubahan hormon, iritasi, biang keringat, hingga alergi.
Mengandung bahan antimicrobial aktif yang tidak dapat ditemukan pada sabun biasa yang lebih efektif untuk membasmi kuman.
Menggunakan sabun antiseptik adalah pilihan yang tepat saat sistem imun melemah bila sedang sakit atau tidak kondisi tubuh fit yang menjadi alternatif pelindung yang baik supaya tubuh tidak rentan terinfeksi kuman atau bakteri.




Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Sabun Antiseptik?


Setiap hari kita terekspos oleh jutaan bakteri yang bisa membahayakan kondisi tubuh kita. Karena bakteri, kuman, dan virus adalah suatu hal yang tak nampak, maka dapat menimbulkan risiko kesehatan yang mengkhawatirkan. Itulah sebabnya penggunaan sabun antiseptik sangat dibutuhkan.

Sebaiknya, gunakan sabun antiseptik setelah kita melakukan hal-hal berikut ini;
Beraktivitas tinggi di luar ruangan, khususnya yang rentan polusi udara dan debu.
Menyentuh sesuatu yang menjadi sarang bakteri, seperti fasilitas umum, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.
Berinteraksi atau melakukan kontak fisik dengan orang yang memiliki sistem imunitas tubuh lemah dan yang berisiko tinggi terkena infeksi. Misalnya; pasien rumah sakit, bayi, dan sebagainya.
Adanya kontak fisik dengan orang yang terjangkit penyakit menular, contohnya seperti infeksi kulit, infeksi saluran pernapasan atas, diare, dan lain-lain.
Terlibat dalam lingkungan yang mengharuskan diri kita untuk menjaga kebersihan dan tetap steril. Contohnya seperti area persiapan makanan, pusat perawatan anak, preschool, dan lingkungan medis.



Anjuran Cuci Tangan yang Tepat

 

Mencuci tangan dengan cara yang tepat menggunakan sabun antiseptik dapat mengurangi resiko terinfeksi bakteri. Berikut ini langkah-langkah cuci tangan yang tepat sesuai anjuran Kementerian Kesehatan;

 

1

Basahi tangan dengan air yang mengalir. Sebaiknya, tidak mencuci tangan dengan air yang sudah didiamkan dalam wadah, karena biasanya sudah terkontaminasi oleh bakteri.

2

Selanjutnya, tuangkan 1-2 pompa sabun cuci tangan. Atau, gosok-gosok sabun batangan dengan secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, setidaknya dapat menghasilkan busa yang cukup.

3

Saling gosokan telapak tangan yang satu dengan telapak tangan lainnya untuk menghilangkan bakteri. 

4

Gosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Sebaliknya, punggung tangan kanan digosok menggunakan telapak tangan kiri. 

5

Untuk membersihkan kotoran yang ada di sela-sela jari, rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling kaitkan jari layaknya orang tengah berdoa. Kemudian, saling gosok sela-sela jari tersebut. 

6

Letakkan punggung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi saling mengunci. Lalu, putar-putarkan punggung jari tersebut di atas telapak tangan. Lakukanlah hal yang sama untuk tangan sebaliknya.  

7

Untuk memastikan bahwa kuman dan kotoran yang ada di sekeliling jempol ikut terbilas, genggam jempol kiri menggunakan telapak tangan kanan. Lalu, gosok memutar selama beberapa kali. Lakukan untuk tangan sebaliknya. Giliran jempol kanan yang digosok memutar menggunakan telapak tangan kiri. 

8

Kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri. Putar selama beberapa kali. Lakukanlah hal yang sama untuk tangan sebaliknya. Langkah cuci tangan yang bermanfaat guna membersihkan daerah kuku ini tentu akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong. 

8

Bilas tangan hingga tidak ada busa sabun cuci tangan yang tersisa.

9

Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering.


Langkah-langkah cuci tangan yang tepat tersebut bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu menit saja. Agar higienitas tangan tetap terjaga, setelah cuci tangan, matikan kran air dengan siku tangan atau handuk supaya kuman yang menempel di kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Untuk hasil yang maksimal tentunya kita bisa menggunakan sabun antisetpik yang tepat. Misalnya seperti sabun Lifebuoy yang tersedia dalam bentuk sabun batang maupun sabun cair. Lifebuoy memiliki banyak varian produk sabun antiseptik yang dapat melindungi keluarga kita dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

No comments:

Post a Comment

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools