Perundungan Adalah Masalah Serius, Kenali Bentuk-Bentuk Perundungan & Cara Untuk Mencegahnya! - Reezumiku

Wednesday, May 20, 2020

Perundungan Adalah Masalah Serius, Kenali Bentuk-Bentuk Perundungan & Cara Untuk Mencegahnya!



Tak jarang berita tentang korban penindasan - yang istilah lainnya bullying atau perundungan kita dengar dan lihat di media. Bahkan, yang sedang viral akhir-akhir ini adalah berita perundungan yang terjadi pada anak penjual jalangkote yang diganggu dan diperlakukan secara tidak menyenangkan secara fisik lalu direkam di video yang tersebar luas di media sosial. Hal tersebut tentunya bikin miris, bukan?

Mengetahui hal tersebut, tentunya kita menyadari bahwa perundungan adalah masalah sosial yang serius. Sebab, perundungan atau tindakan kekerasan berupa penindasan ini dapat menimbulkan dampak traumatis di masa depan bagi korbannya. Atau, bisa pula menimbulkan dampak-dampak yang lebih serius sebagai akibat negatif dari bullying. 

Mengapa Perundungan Bisa Terus Terjadi?

Sebenarnya, kasus tentang perundungan atau bullying itu sudah lama ada di masyarakat sekitar kita. Meskipun tindakan ini begitu dikecam dan sudah ada tindakan hukum terhadap pelaku perundungan, namun mengapa masalah ini terus saja bisa terjadi? Apa alasannya?

Ada bermacam-macam penyebab mengapa seseorang atau sekelompok orang melakukan tindakan perundungan terhadap orang lain. Biasanya, tindakan perundungan ini sering ditujukan pada orang tertentu yang berbeda, misalnya beda ras, agama, jenis kelamin, penampilan, orientasi seksual, hingga kondisi fisik seseorang. Aksi perundungannya bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, di mana saja, dan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki posisi lebih superior.

Contohnya adalah tindakan perundungan yang sering terjadi di sekolah. Ketika ada anak yang dinilai berbeda, aneh, kuper (kurang pergaulan), penampilannya tidak disukai (seperti gendut, pendek, memakai kacamata tebal) biasanya cepat atau lambat mereka akan menjadi korban perundungan.

Anak-anak yang berasal dari kelompok minoritas dan dinilai lemah biasanya berpotensi dirundung oleh teman-temannya yang ingin ingin memperlihatkan superioritasnya dan merasa lebih dibandingkan dirinya, baik itu dalam skala yang minimal hingga bentuk perundungan yang serius. Karena hal tersebutlah yang membuat kasus ini selalu ada.

Bahkan, sekarang ini tindakan perundungan tidak hanya terjadi di dunia luring (off line), tapi juga mulai banyak merambah ke dunia daring (online dalam internet). hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi dan mudahnya akses di media sosial yang memungkin seseorang melakukan tindakan perundungan atau malah menjadi korban perundungan. Perundungan ini namanya adalah perundungan siber atau cyber bullying.

Perundungan adalah suatu tindak kekerasan yang semakin mencemaskan. Dampaknya akan sangat buruk, baik itu dampak bagi korban, pelaku, ataupun masyarakat sekitarnya. Perundungan adalah masalah sosial yang membutuhkan penanganan segera. Makanya, dibutuhkan peran serta seluruh pihak masyarakat untuk mengatasi hal ini.

Bentuk-Bentuk Perundungan

Perundungan itu bisa terjadi kepada siapa saja dan dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, kadang hal-hal yang menurut kita biasa ternyata dapat menyakiti seseorang sedemikian rupa.  Berikut ini ada beberapa bentuk perundungan yang sering terjadi di sekitar kita.

Perundungan fisik

Perundungan ini melibatkan kontak fisik antara pelaku dan korban yang menimbulkan perasaan sakit secara fisik, luka, cedera, ataupun penderitaan lain bagi korbannya. Perundungan ini bisa dengan mudah dikenal karena dapat dilihat dengan mata langsung. Contohnya; menampar, menjambak, memukul, mencubit, menendang, menghancurkan barang, dan lain sebagainya.

Perundungan verbal

Perundungannya berupa tindakan mengintimidasi yang melibatkan kata-kata, baik secara terucap ataupun tertulis. Contohnya; menggoda, memanggil dengan nama yang tidak pantas, mengejek, menghina, dan mengancam.

Perundungan psikologis

Ini merupakan tindakan perundungan yang menimbulkan trauma psikologis, ketakutan, kegalauan, kecemasan, stress, dan juga depresi.

Perundungan sosial

Ini adalah perundungan yang mengakibatkan rusaknya reputasi atau hubungan seseorang. Contohnya; berbohong dengan menyebarkan rumor negatif, mempermalukan seseorang, dan mengucilkan seseorang.

Perundungan siber atau perundungan di dunia maya

Seperti yang sudah disinggung diatas, perundungan ini terjadi melalui media sosial atau internet. Contohnya meliputi memberikan komentar negatif di sosial media, melecehkan seseorang dengan postingan tertentu, mengunggah gambar atau video yang tidak pantas, menyebar gosip secara online, dan juga menggunakan informasi orang lain di media sosial. Bentuk perundungan ini semakin marak seiring kemajuan teknologi.

Perundungan seksual

Adalah suatu tindakan yang berbahaya dan memalukan seseorang secara seksual. Contohnya; pemanggilan nama seksual atau cat-calling, melakukan gerakan vulgar, menyentuh, dan bisa pula berupa materi pornografi. 

Selain bentuk-bentuk di atas, perundungan juga bisa berupa mengirim pesan yang sifatnya menyerang dan menyakiti seseorang dengan sengaja, mencela, bergosip tentang keburukan orang lain, serta mengucilkan seseorang yang juga termasuk dalam bentuk perundungan yang sering tidak disadari.


Akibat Dari Perundungan

Sebagai suatu masalah yang serius, perundungan ini dapat memberikan dampak yang buruk, utamanya bagi korbannya. Korban perundungan akan merasa tertekan, tidak percaya diri, resah, sedih, stress, dan bahkan bisa menimbulkan depresi.

Depresi dan stress yang diakibatkan oleh tindakan perundungan adalah sangat parah. Hal yang buruk yang bisa terjadi dapat membuat korbannya menjadi trauma dan menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Bagi masyarakat sekitar pun bisa mendapatkan dampak buruk dari adanya kasus ini. Tindakan perudungan ini sangat meresahkan. Bisa pula menimbulkan tindakan-tindakan perundungan lainnya. Kondusi masyarakat tidak akanaman dan nyaman bila kasus-kasus perundungan terus terjadi.


Cara Mencegah Tindakan Perundungan

Ada banyak cara lho yang bisa dilakukan untuk mencegah tindakan perundungan. Pencegahan perundungan adalah bisa dimulai dari diri sendiri. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk pencegahan tersebut?

Nah, Rexona sangat peduli terhadap hal ini. Makanya, supaya terhindar dari tindakan perundungan silahkan membaca lebih lanjut mengenai cara mencegah bullying atau perundungan di DI SINI.

Sekali lagi ditekankan bahwa perundungan adalah masalah yang serius karena akibatnya tidaklah main-main. Maka dari itu, mari kita cegah demi kehidupan yang lebih baik nantinya.


No comments:

Post a Comment

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools