Cari Tahu Penyebab dan Cara Meredakan Sakit Gigi Yang Agar Aktivitas Harianmu Lancar - Reezumiku

Monday, July 27, 2020

Cari Tahu Penyebab dan Cara Meredakan Sakit Gigi Yang Agar Aktivitas Harianmu Lancar


cara meredakan sakit gigi

Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi? Bagi yang sudah pastinya tahu ‘kan betapa menganggunya rasa nyeri yang dirasakan bila menderita sakit gigi? Sungguh sangat tidak enak rasanya. Rasa sakitnya dapat membuat tersiksa. Makanya, bila pernah mengalami sakit gigi, kamu perlu tahu bagaimana cara meredakan sakit gigi.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita sama-sama belajar tentang apa saja penyebab sakit gigi dan bagaimana cara meredakan sakit gigi yang terbukti ampuh. Kamu tidak ingin memiliki sakit gigi lagi ‘kan? Maka, yuks disimak penjelasannya di bawah ini!


Penyebab Timbulnya Sakit Gigi


Sakit gigi merupakan suatu kondisi yang diderita ketika ada rasa nyeri yang muncul di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Biasanya, sakit gigi ini terjadi dari adanya gejala penyakit pada gigi dan gusi. Namun, ada pula kasus tertentu munculnya sakit gigi yang timbul karena adanya tanda penyakit pada bagian tubuh yang lainnya yang menjalar di sekitar gigi, seperti misalnya sakit gangguan saraf di wajah, pembusukan gigi, sinusitis, kanker paru-paru, maupun penyakit jantung.

Sakit gigi menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri yang dirasakan bisa bervariasi tergantung tingkat keparahan nyerinya. Ada yang ringan hingga berat yang juga bisa terasa terus-menerus maupun hilang-timbul. Penyebab sakitnya bermacam-macam faktornya. Utamanya adalah karena kerusakan gigi.

Kerusakan pada gigi bisa disebabkan oleh hal-hal berikut;

Karies gigi (gigi berlubang)
Kerusakan gigi yang terjadi pada jaringan gigi. Hal ini disebabkan  oleh adanya ketidakseimbangan siklus demineralisasi dan remineralisasi. yang mana proses demineralisasi-nya terjadi terus-menerus.

Hal tersebut bisa dikarenakan adanya bakteri yang hidup di mulutmu. Bakteri terus bertumbuh dengan baik dari gula ataupun sari makanan yang dikonsumsi yang kemudian membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang diproduksi oleh bakteri tersebut dalam plak dapat mengikis lapisan Enamel (lapisan putih keras di bagian luar gigi) dan menciptakan rongga serta rusaknya lapisan dentin di bawahnya yang akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Selain karena bakteri, penyebab lain karies gigi yaitu karena bentuk atau morfologi gigi yang tidak teratur, konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebih, dan adanya plak pada gigi.

Penyakit gusi
Adanya plak yang menumpuk pada gusi bisa menyebabkan terjadinya radang gusi ringan (Gingivitis) hingga radang gusi yang lebih parah (Periodontitis) yang dapat menimbulkan pembentukan abses pada gusi yang bisa membuat gusi infeksi dan merusak jaringan pendukung gigi.

Kekurangan kalsium
Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh dapat membuat tubuh akhirnya mengambil cadangan kalsium pada gigi dan tulang yang bisa menyebabkan gigi keropos.

Gigi sensitif
Gigi yang sensitif terjadi karena adanya garis gusi yang turun hingga membuat akar gigi terekspos. Penyebab lainnya juga bisa dari akibat penipisan enamel gigi.

Tambalan gigi yang lepas
Tambalan gigi yang lepas dapat membuat gigi berlubang terlihat. Lalu, dengana danya sisa-sisa makanan dan bakteri dalam mulut dapat menyusup masuk dan menimbulkan nyeri pada gigi.

Selain kelima hal tersebut, penyebab lain munculnya sakit gigi bisa dikarenakan adanya peradangan atau infeksi pada akar gigi atau di gusi, patah gigi, pembengkakan gusi akibat gigi tumbuh (bagi anak-anak), gigi tanggal, gusi bengkak, muncul nanah di gigi, gigi bungsu yang tubuh tidak normal, permasalahan pada kawat gigi, maupun kebiasaan menggeretakan gigi.


Faktor Resiko Sakit Gigi


Seseorang beresiko menderita sakit gigi dengan sebab-sebab yang telah disebutkan diatas biasanya dikarenakan oleh banyak faktor. Diantaranya, yaitu;
  • Sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.
  • Tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.
  • Jarang melakukan flossing.
  • Kondisi mulut yang kering.
  • Memiliki kebiasaan merokok.
  • Mengidap gangguan makan, contohnya seperti anorexia dan bulimia.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya seperti phenytoin.
  • Menderita diabetes.


Tindakan-Tindakan yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Sakit Gigi


Tak ada salahnya bila kita mengikuti pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Kamu tidak mau menderita sakit gigi ‘kan? Makanya, sebelum mengetahui bagaimana cara meredakan sakit gigi, kamu juga harus tahu pencegahan yang perlu kamu lakukan supaya tidak menderita sakit gigi.

Tentunya, untuk mencegah terkena sakit gigi kamu perlu menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulutmu dengan menyikat gigi dengan cara yang benar, setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur memakai pasta gigi yang mengandung fluoride seperti yang terkandung dalam produk Pepsodent yang diperkaya dengan active micro-calcium dan pro-fluoride complex, sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal pada gigimu dari gigi berlubang. Setelah itu, kamu juga bisa berkumur dengan mouthwash yang dapat membunuh bakteri yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Kamu juga perlu membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, misalnya cokelat, kue, dan permen, berhenti merokok, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) yang membantu membersihkan plak yang tertinggal di sela-sela gigi, serta rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Nah, selanjutnya, untuk mengetahui cara meredakan sakit gigi secara lebih jelasnya, Pepsodent punya informasinya nich secara lebih lengkapnya. Terkenal sebagai merk produk kesehatan gigi, gusi, dan mulut, pastinya kamu sudah tahu donk kalau Pepsodent memiliki berbagai varian pasta gigi dan sikat gigi yang dapat dipilih untuk digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatan gigimu? Jadi, informasi dari Pepsodent tentunya akan sangat berguna bagimu dalam merawat hingga cara meredakansakit gigi yang terbukti ampuh.


No comments:

Post a Comment

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools